EmitenNews.com - PT Bukit Asam Tbk (PTBA) mengumumkan Laporan Eksplorasi triwulanan untuk periode Triwulan III Tahun 2024 pada bulan Oktober 2024.

PT Bukit Asam (PTBA) melaporkan Kegiatan Eksplorasi di bulan Juli-September (Triwulan III) Tahun 2024 yang dilakukan di Unit Pertambangan Tanjung Enim.

Kegiatan eksplorasi tersebut dilakukan oleh Internal PTBA dan pihak ketiga (kontraktor jasa pengeboran) dengan jumlah biaya yang telah dikeluarkan sebesar Rp10,7 miliar (unauditted).

"Kegiatan eksplorasi meliputi pemetaan geologi, pengeboran (coring, open hole dan touch coring), logging geofisika, pengambilan sampel batubara dan batuan, serta monitoring TOC (Top of Coal) dan BOC (Bottom of Coal)," papar Manajemen PTBA dalam laporan eksplorasi Rabu (9/10).

Ditambahkan, kegiatan eksplorasi yang dilakukan di PTBA di Unit Pertambangan Tanjung Enim (UPTE) pada periode Triwulan III Tahun 2024 meliputi kegiatan pengeboran, logging geofisika, pengambilan sampel batubara & batuan dan monitoring ToC-BoC Front Tambang. Kegiatan pengeboran dilaksanakan di 2 (dua) IUP yaitu IUP Air Laya dan Banko Tengah B sebanyak 59 titik dengan total kedalaman 9.489 meter. Kegiatan pengeboran di Triwulan III utamanya bertujuan perluasan coverage area eksplorasi di UPTE.

Kemudian, kegiatan eksplorasi lain dilakukan di 5 (lima) IUP PTBA di UPTE seperti pengambilan sampel batubara dan batuan pada titik bor eksplorasi maupun sampel batubara pada pit aktif untuk kontrol kualitas (QC), terealisasi sebanyak 837 contoan batubara (intibor dan front Tambang), 252 contoan batuan intibor untuk uji keasaman batuan dan 590 contoan batuan intibor untuk uji mekanika batuan. Kegiatan monitoring pengukuran TOC (Top of Coal) dan BOC (Bottom of Coal) terealisasi seluas 502,53 ha.

"Untuk kegiatan pengeboran eksplorasi di Unit Pertambangan Ombilin (UPO) direncanakan akan dilaksanakan pada tahun 2025," tulis Manajemen PTBA.

Sementara pada area Pertambangan milik PT Internasional Prima Coal sebagai entitas PTBA, pada Triwulan III tidak dilakukan kegiatan pengeboran eksplorasi (direncanakan pelaksanaan pada Triwulan IV Tahun 2024).