EmitenNews.com -BUMN konstruksi PT Adhi Karya (Persero) Tbk (ADHI) menyiapkan lahan lokasi Training Center (TC) Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) di area pekerjaan pengembangan lahan Sub-WP 1B di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

 

Corporate Secretary ADHI Farid Budiyanto mengatakan TC PSSI memiliki luas sebesar 2,8 hektar dari total lahan yang dikerjakan lebih dari 1.000 hektare.

 

"Pekerjaan pengembangan lahan ini menjadi penting, mengingat lahan yang digunakan IKN merupakan pengembangan area baru," kata Farid dalam keterangan pekan lalu dan dikutip, Senin (25/9/2023).

 

Farid mengungkapkan bahwa kawasan TC ini akan melengkapi pengembangan lahan 1B yang diisi oleh dua Gedung Asrama, satu lapangan natural, dan satu lapangan sintetis di IKN.

 

Adapun pada hari ini perseroan melakukan Ground Breaking pembangunan TC untuk para atlet PSSI. Kegiatan ini dipimpin langsung oleh Presiden Joko Widodo, dengan sejumlah Kementerian, termasuk Menteri BUMN dan Ketua PSSI, Erick Thohir, juga didampingi Director of FIFA Member & Associations in Asia & Oceania, Sanjeevan C. Balasingam.

 

Sebagaimana diketahui, ADHI telah ditetapkan sebagai pelaksana proyek Pengembangan Lahan untuk Kawasan Inti Pusat Pemerintahan - KIPP Sub Wilayah Pengembangan - Sub-WP 1B di Ibukota Baru, IKN Nusantara sejak awal 2023.

 

Memiliki nilai kontrak sebesar Rp630 miliar, ADHI mengerjakan persiapan lahan dan prasarana IKN di atas lahan seluas 1.143 hektar. Proyek ini direncanakan akan selesai pada akhir 2023.

 

Pekerjaan ADHI meliputi mempersiapkan lahan berupa pembersihan dan pemilihan pepohonan, pekerjaan galian dan timbunan, perkuatan dan perkerasan struktur tanah, pembuatan badan jalan dan kerangka kavling, hingga pekerjaan drainase di jalan, kavling dan lereng dalam kawasan.

 

"Dalam proses pembangunannya, ADHI tetap menjaga agar lingkungan yang ada tetap aman dan nyaman, baik untuk keberlangsungan bisnis investor, maupun untuk keberlanjutan keadaan lingkungan," tandas Farid.