EmitenNews.com - Wali Kota Bandar Lampung Eva Dwiana menjadi salah satu penerima RA. Kartini Award 2024.Penobatannya berlangsung di Ritz Carlton, SCBD Jakarta, Jumat (28/6/2024) malam. Ajang bergengsi untuk para perempuan Indonesia itu kembali digelar oleh Trans Event. Bertajuk RA Kartini Awards, ajang ini ditujukan untuk para perempuan berprestasi di Indonesia yang telah memberikan inspirasi bagi banyak orang.

Bunda Eva, demikian sapaan karib perempuan pertama wali kota Bandar Lampung itu, memperoleh award Outstanding Innovation in Local Government. Dalam acara yang sama juga ada sejumlah tokoh nasional, mulai dari pejabat negara, ilmuan, jurnalis, pebisnis, sosial, aktivis seni, dan budaya, dan lain sebagainya. 

Ibu wali kota Bandar Lampung ini dalam penilaian Yayasan RA Kartini berhasil memimpin wilayahnya, dengan semangat kerja keras melahirkan berbagai program untuk mensejahterakan masyarakatnya. Bunda Eva memperoleh penghargaan Outstanding Innovation in Local Government, atau tokoh inovasi luar biasa dalam pemerintahan daerah. 

“Terima kasih untuk penghargaan ini, saya kembalikan award ini untuk masyarakat, terutama kaum perempuan Kota Bandar Lampung yang terus berjuang dalam menghadapi tantangan kehidupan,” kata Bunda Eva dalam keterangannya yang dikutip Minggu (30/6/2024).

Bunda Eva mengungkapkan, tekadnya untuk memajukan Kota Bandar Lampung yang metropolis agamis. Dengan semangat kerja keras, didukung semua warga, perempuan kelahiran Tanjung Karang, 25 April 1970 itu, yakin semua program bisa diwujudkan, sepenuhnya untuk kesejahteraan masyarakat.

Terdapat 24 penghargaan yang diberikan untuk para perempuan sukses Indonesia di berbagai bidang. Mulai dari sektor pemerintahan, ekonomi dan bisnis, pendidikan, teknologi, sosial budaya, seni, dan lain sebagainya.

Penerimanya lainnya antara lain Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, dan Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziah, dan Ketua DPR Puan Maharani. Penghargaan untuk para pejabat di bidang pemerintahan ini, diserahkan oleh Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Bintang Puspayoga, mewakili Presiden Joko Widodo.

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Bintang Puspayoga mewakili Presiden Jokowi dalam sambutan pembukaan acara itu, mengaku berbangga bisa hadir di tengah-tengah para perempuan penerima award, karena prestasi, dan kerja kerasnya di bidang masing-masing.

“Mereka, para perempuan, ibu-ibu hebat, cerdas, pekerja keras yang berjuang di bidang masing-masing, dan menginspirasi banyak orang,” kata Menteri Bintang Puspayoga. 

Bintang Puspayoga mengingatkan betapa tekad, dan kerja keras para penerima award, sangat menginspirasi. Karena, perjuangan merek jelas tidak mudah, di tengah ketimpangan berupa keterbatasan akses yang terkadang diterima para perempuan.

“Harus diakui, masih ada ketimpangan yang dihadapi kaum perempuan. Di tengah populasi perempuan yang lebih besar, jika saja keterbatasan akses, atau ketimpangan itu bisa diatasi akan sangat membantu memajukan kaum perempuan, sekaligus berarti memajukan Indonesia,” kata Menteri Bintang Puspayoga.

Salah satu penerima award kategori Women Empowerment adalah Endang Budi Karya, istri Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. Saat penerimaan penghargaan, Menteri Budi Karya didaulat tampil ke panggung memberikan buket bunga kepada sang istri, yang dinilai berhasil menghidupkan industri kain tenun melalui dekranas.

Ada juga Loemongga Haoemasan, istri Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita, yang dinilai sebagai tokoh inspiratif di bidang real estat. Sang suami, Menteri Agus Gumiwang juga diminta tampil ke panggung, dan memberikan penghargaan kepada sang istri. ***