EmitenNews.com - Indeks harga saham gabungan atau IHSG berpotensi uji level psikologis 7.000 hingga 7.020 pada perdagangan Kamis (17/3) ini seiring berlanjutnya net buy investor asing di perdagangan Rabu (16/3). Terutama pada saham-saham bluechip dan defensif.


Menurut analis Phintraco Sekuritas, Valdy Kurniawan, saham BBRI, AALI, LSIP, SIMP, SSMS dan PGAS dapat diperhatikan, bersamaan dengan potensi rebound lanjutan IHSG pada UNTR, ADRO dan ITMG di Perdagangan hari ini.

"Pelaku pasar mengantisipasi pengumuman hasil sidang FOMC (Federal Open Market Comitee) dan pandangan the Fed terkait outlook ekonomi pada Kamis (17/3) dini hari WIB," jelasnya.

BI dijadwalkan mengumumkan kebijakan moneter terbarunya pada Kamis siang. BI diperkirakan mempertahankan sukubunga acuan, meski the Fed menaikan sukubunga acuan pertama sejak 2018. BI telah melakukan normalisasi kebijakan dengan menaikkan Giro Wajib Minimum (GWM) pada 1 Maret 2022 lalu.

Upaya stabilisasi nilai tukar Rupiah tersebut juga didukung berlanjutnya surplus NPI sebesar USD3.82 miliar di Februari 2022.

"Kondisi tersebut diharapkan mampu meredam tekanan dari kenaikan sukubunga acuan the Fed," sebut Valdy.(fj)