EmitenNews.com - IHSG berpotensi uji level 6150 pada perdagangan Senin (20/9). Analis Phintraco Sekuritas, Valdy Kurniawan melihat potensi penguatan lanjutan nilai tukar rupiah dapat menjadi katalis positif untuk saham-saham perbankan.


Dari dalam negeri, nilai tukar rupiah ditopang oleh kenaikan surplus NPI sejalan kenaikan nilai ekspor yang jauh diatas ekspektasi pada Agustus 2021. Ditambah lagi dengan kenaikan cadangan devisa per akhir Agustus 2021.


Dari eksternal, sentimen positif berasal dari meredanya pandangan bahwa the Fed perlu segera mengurangi pembelian asetnya, menyusul sejumlah data ekonomi terbaru di AS yang kurang memuaskan. Sebagai informasi, the Fed dijadwalkan melakukan pertemuan pada 21 dan 22 September 2021 waktu setempat.


Masih terkait kebijakan moneter, RDG BI dijadwalkan mengumumkan keputusan sukubunga di 21 September 2021. BI diperkirakan kembali mempertahankan BI 7-day RR Rate di level 3.50%.


"Oleh sebab itu saham-saham yang dapat diperhatikan hari ini diantaranya BBCA, BBNI, BTPS. Cermati peluang speculative buy pada BBRI dan BMRI," saran Valdy.


Di luar saham bank, saham yang menurutnya juga layak dicermati antara lain ASII, UNTR dan ERAA.(fj)