EmitenNews.com - Ini pujian Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki untuk pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Mantan Kepala Staf Presiden ini, mengapresiasi PT Sari Kreasi Boga Tbk (RAFI), yang berhasil melantai di Bursa Efek Indonesia (BEI). Pencapaian UMKM produsen kebab itu, menjadi bukti bahwa UMKM yang dikelola dengan baik bakal mampu naik kelas.


“Puncak UMKM naik kelas adalah ketika bisa menjadi perusahaan publik dengan melakukan penawaran sahamnya kepada masyarakat (Initial Public Offering/IPO),” kata Teten Masduki dalam sambutan acara Opening Bell di BEI Jakarta, Jumat (5/8/2022).


Perusahaan yang memiliki kode saham RAFI ini awalnya adalah UMKM yang terkenal dengan brand Kebab Turki Baba Rafi. Sebelum menjadi perusahaan besar seperti saat ini, kata Teten, PT Sari Kreasi Boga Tbk hanya berjualan dengan gerobak di pinggir jalan.


Selaku pembina UMKM, pihaknya mengaku gembira karena telah bertambah UMKM yang bisa melantai di bursa. Kini, peluang UMKM untuk naik kelas hingga mampu IPO dinilai makin besar.


Pasalnya, pemerintah selalu memberikan kemudahan dan dukungan terhadap UMKM agar terus bertumbuh. Dukungan yang telah diberikan seperti kemudahan akses pembiayaan, kemudahan perizinan, hingga akses pasar.


"Dengan suksesnya PT Sari Kreasi Boga Tbk melakukan aksi korporasi IPO, diharapkan menjadi pemantik bagi UMKM lainnya agar terus melakukan inovasi dan mengelola usahanya dengan baik. Pemerintah melalui Kementerian Koperasi dan UKM menegaskan siap memberikan pendampingan dan dukungan bagi UMKM agar bisa naik kelas," kata Menkop Teten Masduki.


PT Sari Kreasi Boga Tbk sukses melakukan pencatatan perdana saham sebagai Perusahaan Tercatat ke-34 pada tahun 2022 dan menjadi Perusahaan Tercatat ke-800 di Bursa Efek Indonesia (BEI).


Jumat pagi ini saham Sari Kreasi Boga (RAFI) disambut aksi beli oleh para investor hingga melonjak 34,92 persen atau 44 poin ke level 170 per saham dengan volume saham ditransaksikan mencapai 89,92 juta. Nilai transaksi mencapai Rp15,30 miliar dan frekuensi menyentuh 3.764 kali hingga pukul 09:02 WIB.


Sebanyak 948.090.000 lembar saham perusahaan yang bergerak di bidang penjualan bahan baku serta waralaba makanan dan minuman ini, telah dilepas ke publik atau setara 30,31% dari modal yang telah ditempatkan dan disetor penuh setelah Penawaran Umum, dengan harga Rp 126 per lembar saham. RAFI menunjuk PT Investindo Sekuritas sebagai Penjamin Pelaksana Emisi Efek dan KB Valbury Sekuritas sebagai Joint Lead Underwriter. ***