EmitenNews.com - United Tractors (UNTR) kian gencar menambah portofolio aset energi hijau. Itu ditunjukkan dengan mengakuisisi perusahaan pembangkit listrik dengan tenaga primer selain batu bara.

Terbaru, anak usaha perseroan yakni Energia Prima Nusantara (EPN) akan membeli 257.449 lembar saham pada Supreme Energy Rantau Dedap senilai USD80.691.700 dari MeriT Power Holding BV (MeriT) dan Inpex Geothermal Ltd atau Inpex.

Sekretaris Perusahaan United Tractors Sara K. Loebis mengatakan, EPN telah meneken perjanjian jual beli saham dengan MeriT, Axia Power Holdings BV, Tohoku Power Investment Company BV dan Inpex pada tanggal 1 Maret 2024.

Pnyelesaian jual beli saham tersebut tunduk pada terpenuhinya syarat-syarat pendahuluan yang telah diatur, termasuk persetujuan pemegang saham perusahaan sasaran. 

“Tujuan perjanjian jual beli ini untuk kelanjutan diversifikasi usaha sebagai bagian dari strategi pertumbuhan berkesinambungan di bidang pembangkitan listrik panas bumi,” tulis Sara dalam keterangan resmi, Selasa (5/3/2024). 

Untuk diketahui, Supreme Energy Rantau Dedap memegang ijin pengusahaan panas bumi Wilayah Kerja Rantau Dedap, Muara Enim, Sumatera Selatan.

Pembelian saham ini sebanyak 163.136 lembar saham seri B milik MeriT Power Holdings B.V dan sebanyak 94.313 lembar saham seri B milik Inpex Geothermal Ltd (INPEX). (*)