EmitenNews.com - Direktur Komersial PT. Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten Tbk. (BJBR), Nancy Adistyasari menambah porsi kepemilikan sahamnya pada 22 April 2024. Setelah pembelian itu, sang direktur kini menguasai saham bjb sebesar 0,00928%.

Dalam keterangannya Kamis (25/4/2024), Corporate Secretary BJBR, Widi Hartoto  menyampaikan bahwa Nancy Adistyasari telah membeli sebanyak 261.216 lembar saham BJBR di harga Rp1.213,85 per saham.

"Tujuan transaksi adalah untuk Investasi dengan kepemilikan saham tidak langsung," tutur Widi Hartoto.

Setelah aksi pembelian itu, kepemilikan saham Nancy Adistyasari di BJBR bertambah menjadi 976.859 lembar saham. Itu berarti setara dengan 0,00928% dibandingkan sebelumnya sebanyak 715.643 lembar saham setara dengan 0,0068%. 

Sebelumnya, Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo) menetapkan kembali peringkat Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten (BJBR) dengan idAA. Itu juga berlaku untuk obligasi berkelanjutan I/2017 masih beredar. Pefindo juga menetapkan peringkat obligasi subordinasi berkelanjutan masih beredar dengan idA+. 

Penting dicatat, peringkat obligasi subordinasi itu, berada dua tingkat di bawah peringkat bank bjb. Pasalnya, ada risiko obligasi subordinasi dapat dihapusbukukan pada kondisi non-viability. Itu sesuai POJK 34/POJK.03/2016. 

Prospek peringkat perusahaan stabil. Peringkat perusahaan mencerminkan posisi bank bjb sangat kuat di pasar captive Provinsi Jawa Barat dan Banten.

Selain itu, kualitas aset kuat, dan permodalan sangat kuat. Peringkat tersebut dibatasi persaingan ketat di luar pasar captive. Peringkat dapat dinaikkan kalau bank bjb mampu memperkuat profil bisnis secara substansial, dan berkesinambungan, harus disertai dengan peningkatan profil keuangan signifikan. 

Sebaliknya, peringkat dapat diturunkan jika profil bisnis bank bjb mengalami penurunan signifikan, dan terus-menerus, dapat diakibatkan oleh hilangnya kehadiran di pasar atau melemahnya kualitas dari pasar captive. Tekanan untuk penurunan peringkat juga dapat dari pelemahan signifikan profil keuangan secara keseluruhan. ***