EmitenNews.com - Pasar masih merespons keputusan Bank Indonesia (BI) menahan suku bunga acuan. Lalu, petunjuk peluang pemangkasan lanjutan suku bunga acuan BI. Itu terindikasi mengakumulasi saham-saham rate sensitive, terkhusus bank sepanjang perdagangan Kamis, 17 Oktober 2024. 

Secara teknikal, pelebaran positive slope MACD berlanjut, namun terdapat indikasi rotasi ke saham-saham second liner. Oleh sebab itu, sepanjang perdagangan hari ini, Jumat, 18 Oktober 2024, IHSG akan menguji level resistance 7.750, dan support level 7.650. 

Tetap waspadai potensi profit taking. Nah, fokus pasar tertuju pada pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih pada 20 Oktober 2024. Saat bersamaan akan diumumkan nama-nama Menteri pengisi kabinet baru untuk kemudian dilantik pada 21 Oktober 2024. 

Menilik data dan fakta itu, Phintraco Sekuritas menyarankan para investor untuk memperhatikan sejumlah saham berikut. Yaitu, Energi Mega (ENRG), Barito Pacific (BRPT), Astra International (ASII), Bank Syariah Indonesia (BRIS), dan Merdeka Gold (MDKA). 

Data ekonomi terbaru menunjukkan pelemahan nilai ekspor Jepang edisi September 2024 tercatat 1,7 persen yoy meleset dari perkiraan 0,5 persen yoy, dan perlambatan pertumbuhan nilai impor Jepang ke 2,1 persen yoy dari periode sama dengan perkiraan 3,2 persen yoy). 

Sebelumnya kondisi serupa juga dicatat Amerika Serikat (AS). Data-data terbaru itu, memperkuat indikasi penurunan world trade akhir kuartal III 2024. (*)