EmitenNews.com - Max Verstappen meraih kejuaraan dunia F1 pertamanya dengan kemenangan di Grand Prix Abu Dhabi pada Minggu (12/12/2021). Verstappen berhasil mengalahkan juara bertahan sekaligus rivalnya musim ini, Lewis Hamilton lewat drama kontroversial.


Momen Verstappen terjadi ketika kecelakaan pembalap Williams, Nicholas Latifi usai menabrak dinding di tikungan 14 membuat safety car keluar pada lap 53. Red Bull segera meminta Verstappen masuk pit stop untuk mengganti ban halus, sementara Mercedes tetap meminta Hamilton mempertahankan ban keras yang digunakannya sejak lap 15.


Safety car berada di lintasan hingga akhir lap 57, sebelum bendera hijau dikibarkan. Namun, Verstappen yang memiliki jarak 12 detik dengan Hamilton saat insiden Latifi di lap 53, diizinkan melewati mobil-mobil pembalap lain untuk langsung bersanding dengan Hamilton jelang lap terakhir.


Pada lap 58, Verstappen berhasil menyalip Hamilton di tikungan 5. Perbedaan kualitas ban menjadi keuntungan bagi Verstappen untuk memacu mobilnya lebih cepat hingga garis finis.


Dengan hasil ini, Verstappen finis dengan 394,5 poin di papan klasemen F1, unggul enam poin atas Hamilton di posisi kedua. Pembalap 24 tahun ini sukses mengakhiri puasa gelar juara dunia F1 Red Bull Racing sejak terakhir kali Sebastian Vettel menjuarai F1 periode 2010 hingga 2013.


Verstappen mengukir sejarah sebagai orang Belanda pertama yang menjadi juara dunia balap mobil. Gelar pertama Verstappen datang di musim ketujuhnya di F1 setelah melakukan debut di pada tahun 2015 di usia 17 tahun dengan status pembalap termuda dalam sejarah olahraga ini.


Kimi Raikkonen tidak mampu menyelesaikan balapan F1 terakhirnya karena mengalami masalah rem pada mobilnya yang mengakibatkan pembalap Alfa Romeo Racing menabrak dinding pembatas. Juara dunia tahun 2007 itu menutup karir dengan berhenti di lap 29 dari 58 setelah mobilnya divonis mengalami kerusakan parah saat kembali ke pit stop. (LW). ***