EmitenNews.com - PT United Tractors Tbk. (UNTR) menyampaikan telah menjual saham pada dua anak usahanya. Yaitu, PT Pamapersada Nusantara (PAMA) dan PT Pertiwi Nusantara Raya (PNR) telah menandatangani akta pengambilalihan saham PT Wana Rimba Nusantara (WRN) pada 5 April 2024.

Dalam keterangan tertulisnya Rabu (17/4/2024), Corporate Secretary UNTR, Sara K. Loebis menuturkan bahwa PAMA telah menjual sebanyak 24.750 lembar saham WRN kepada PNR dengan nilai transaksi sebesar Rp24.973.388.550.

Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia telah mengeluarkan Surat Penerimaan Pemberitahuan perubahan data WRN. Oleh karena itu kepemilikan PNR atas saham-saham dalam WRN efektif sejak tanggal 5 April 2024.

PAMA dan PNR adalah anak usaha UNTR dengan kepemilikan saham sebanyak 100% sedangkan WNR juga adalah anak usaha PAMA. Selain itu, ada kesamaan manajemen, Frans Kesuma sebagai Direktur utama UNTR juga sekaligus Komisaris PAMA.

Lalu, Ari Sutrisno sebagai Presiden Direktur PNR juga Presiden Direktur WRN sehingga merupakan transaksi afiliasi sesuai regulasi OJK dalam POJK 42/2020.

"Transaksi ini dilakukan dengan tujuan untuk restrukturisasi grup perseroan. Pascatransaksi, WRN menjadi anak usaha PNR, yaitu entitas yang bergerak di bidang usaha pengelolaan kehutanan, pelestarian lingkungan dan jasa lingkungan," tuturnya.

Saat ini, seluruh restrukturisasi telah dipersiapkan guna pemenuhan aspirasi keberlanjutan UNTR khususnya dalam pengurangan emisi karbon. ***