EmitenNews.com - Vale Indonesia (INCO) meneken transaksi afiliasi senilai USD10,84 juta. Transaksi itu, berupa pemberian jasa dari Sumitomo Metal Mining Co, Limited (SMM), Vale Canada Limited (VCL), Vale Technology Development Limited (VTDL), dan Mineral Industri Indonesia (MIND ID). 

Transaksi pertama, berupa pemberian jasa teknikal dan manajemen dari VCL, VTDL, SMM, dan MIND ID meliputi pemberian jasa manajemen, teknikal, dan jasa lainnya, untuk memfasilitasi aktivitas operasi, dan kegiatan pengembangan proyek perseroan.    

Lalu, transaksi kedua pemberian jasa dari VCL dan VTDL kepada perseroan sebagai penerima jasa berdasar perjanjian jasa transisional. Pemberian jasa berdurasi 12 bulan, untuk jasa teknologi informasi data diperpanjang 2 periode selanjutnya masing-masing 6 bulan. Dan, layanan teknologi informasi berjangka 12 bulan, berhak diperpanjang untuk 2 jangka waktu masing-masing 6 bulan. 

Transaksi itu, diperlukan perseroan untuk mendukung kegiatan usaha dalam mencapai maksud, dan tujuan sehingga diharap dapat memberikan manfaat bagi pemegang saham. Transaksi juga lebih efektif, dan efisien apabila dilakukan antar pihak terafiliasi. 

Direksi dan dewan komisaris Vale Indonesia berkeyakinan transaksi tidak berpotensi mengganggu kelangsungan usaha perseroan. Oleh karena itu, pelaksanaan transaksi tidak berdampak dampak signifikan terhadap kondisi keuangan perseroan. (*)