EmitenNews - Setelah ditutup melemah signifikan 1.42% di level 5985.52 pada perdagangan Rabu (31/3/2021), hari ini secara teknikal IHSG berpeluang mencatatkan technical rebound, menguji level psikologis 6000. Salah satu indikasinya adalah pergerakan IHSG sehari sebelumnya yang berhasil membukukan intraday rebound ke critical support level 5980, setelah sempat uji level 5900 di pertengahan Sesi II.


"Akan tetapi, terdapat sejumlah faktor yang perlu diperhatikan pelaku pasar. Pertama adalah potensi berlanjutnya pelemahan nilai tukar rupiah jelang rilis data sektor tenaga kerja AS yang diperkirakan membaik di Maret 2021," kata analis Phintraco Sekuritas, Valdy Kurniawan.


Masih terkait hal tersebut, menurut Valdy, pelaku pasar perlu mencermati kecenderungan net sell investor asing. Sebagai informasi, akumulasi net sell investor asing sepanjang pekan ini, dari 29 sampai dengan 31 Maret, mencapai Rp1.4 triliun.


"Oleh sebab itu, jangan terlalu agresif merespon peluang buy on support pada perdagangan Kamis," pesannya.


Untuk perdagangan hari ini Phintraco merekomendasikan sejumlah saham yang dapat dicermati, di antaranya : ANTM, TBIG, TLKM, KLBF dan EXCL.(*)