EmitenNews.com - Negara-negara ASEAN perlu memajukan konektivitas pembayaran regional. Tujuannya menurut Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo, untuk mewujudkan pemulihan ekonomi yang inklusif serta memitigasi risikonya.

 

"Teman-teman anggota ASEAN, kami mengundang Anda untuk bergabung dengan konektivitas pembayaran regional dan memajukannya," ucap Gubernur BI Perry Warjiyo dalam acara High Level Seminar From ASEAN to The World bertajuk "Payment System in Digital Era" di Kabupaten Badung, Bali, Selasa (28/3/2023).

 

Setelah itu, ASEAN diharapkan akan memimpin dan menjadi contoh negara-negara lain di dunia. Konektivitas pembayaran lintas batas tersebut akan mendukung inklusi keuangan dan ekonomi kawasan.

 

Beberapa negara anggota ASEAN sudah bergerak ke arah konektivitas tersebut melalui komitmen lima bank sentral dalam integrasi dan interkonektivitas sistem pembayaran lintas batas. Selain Indonesia, lainnya ada Singapura, Malaysia, Thailand, dan Filipina, dalam integrasi dan interkonektivitas sistem pembayaran lintas batas. ***