EmitenNews.com - Menpora Zainudin Amali serius mengurus dunia persepakbolaan di Tanah Air. Agar fokus sebagai Wakil Ketua Umum PSSI –bersama Ratu Tisha– mendampingi ketua umum Erick Thohir, politikus Partai Golkar itu, siap melepas status sebagai anggota Kabinet Indonesia Maju II. Sebelum maju dalam KLB PSSI, Kamis (16/2/2023), Zainudin Amali sudah melapor ke Presiden Joko Widodo untuk langkahnya itu. Dan itu berarti ia siap mundur sebagai menteri.

 

Dalam keterangannya kepada pers, di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (20/2/2023), Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto menyerahkan kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) terkait penggantian posisi Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali. Menteri Koordinator Perekonomian itu, menegaskan, penggantian jabatan Menpora merupakan hak prerogratif dari Presiden. 

 

“Hak prerogatif Pak Presiden. Kita tunggu arahan Bapak Presiden,” ujar Airlangga di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (20/2/2023).

 

Menko Airlangga mengaku sudah sering bertemu Zainudin Amali untuk membahas berbagai hal, termasuk statusnya sebagai Menpora. Itu berarti pihaknya juga merestui jalan yang dipilih kadernya itu.

 

Sementara itu, Sekretaris Kabinet Pramono Anung menyebutkan Menpora Zainudin Amali telah berbicara langsung dengan Presiden Jokowi terkait keinginannya untuk fokus menjadi pengurus PSSI. “Itu pasti pembicaraan secara langsung antara pak Zainudin Amali dengan Pak Presiden.”

 

Menurut Pramono, semua menteri, baik Menteri BUMN Erick Thohir maupun Menpora Zainudin Amali, yang maju dalam organisasi di luar pemerintah sudah mendapatkan izin Presiden. Politikus PDI Perjuangan itu, mengaku sudah menyampaikan keinginannya kepada Presiden Jokowi untuk fokus menjadi pengurus PSSI mengurusi sepak bola Indonesia.

 

“Kalau pak Zainuddin Amali sudah menyampaikan itu, maka ya tafsirnya seperti yang disampaikan pak Zainuddin Amali. Jadi tinggal ditunggu saja,” ujarnya.

 

Zainudin Amali pun mengaku telah mendapatkan izin dari Presiden Joko Widodo untuk fokus bekerja membenahi sepak bola Indonesia setelah terpilih menjadi Wakil Ketua Umum PSSI. Ia juga memastikan, Presiden pun memahami keinginannya untuk berkonsentrasi membangun sepak bola Indonesia.

 

Zainudin mengatakan, Jokowi telah mempersilakan dan memberikan izin kepadanya untuk fokus mengurusi sepak bola. “Jadi beliau sudah mengizinkan saya untuk fokus dan konsentrasi mengurus sepak bola mendampingi Pak Erick Thohir, Bu Ratu Tisha, dan teman-teman Exco. Pokoknya saya sudah dapat izin dari Bapak Presiden untuk konsentrasi dan fokus mengurus sepak bola.” ***