EmitenNews.com - PT Bank Amar Indonesia Tbk (AMAR), sebagai digital-only bank pertama di Indonesia, menerima penghargaan sebagai The Innovative Tech Companies of the Year. Amar Bank mendapat penghargaan itu dalam ajang Asia Corporate Excellence & Sustainability (ACES) Awards 2021.


Diselenggarakan oleh MORS Group, ACES Awards adalah acara tahunan yang diadakan untuk memberikan penghargaan kepada perusahaan dan individu yang menginspirasi dengan keunggulan mereka dalam kepemimpinan dan keberlanjutan.


Penghargaan The Innovative Tech Companies of the Year ini mengapresiasi perusahaan yang telah menunjukkan inovasi teknologi yang signifikan dalam produk, layanan, atau bisnis mereka, dan menunjukkan visi jelas dalam pengembangan bisnis serta pendekatannya di bidang perangkat lunak dan teknologi.


Amar Bank berkomitmen merevolusi pengalaman perbankan, mengedukasi masyarakat untuk meningkatkan kesadaran/keamanan finansial mereka, serta menumbuhkan kebiasaan menabung melalui teknologi mutakhir. Sejak diakuisisi oleh Tolaram Group Singapura pada tahun 2014, Amar Bank telah mengalami transformasi digital yang signifikan untuk menjadi salah satu pelopor FinTech di Indonesia, melalui produk Tunaiku.


“Penggunaan FinTech dalam kredit mikro adalah cara ampuh untuk membantu orang-orang yang masih belum memiliki akses atau keterbatasan terhadap sistem pinjaman konvensional. Kredit mikro memungkinkan peminjam untuk membuktikan kelayakan kredit mereka secara bertahap, tanpa bunga yang terlalu tinggi. Dalam menyediakan saluran kredit yang dikelola dengan baik dan adil kepada masyarakat Indonesia, Amar Bank telah memenuhi kebutuhan masyarakat dengan cara etis dan berkelanjutan,” kata Shanggari B, CEO MORS Group dalam rilisnya yang dikutip Kamis (24/11/2021).


Vishal Tulsian, Presiden Direktur Amar Bank mengatakan merasa terhormat inovasi teknologi perseroan diakui oleh ACES Awards 2021. Ia percaya teknologi memiliki peran penting dalam meningkatkan taraf hidup masyarakat dan membantu mereka mencapai tujuan keuangan, sehingga menghasilkan pertumbuhan ekonomi lebih baik dan kuat. “Kami berkomitmen untuk terus berinovasi melayani masyarakat dengan memperluas akses layanan dan literasi keuangan.”


Amar Bank telah menjadi pelopor produk layanan keuangan digital di Indonesia pada tahun 2014 melalui Tunaiku yang memanfaatkan big data dan predictive analytics untuk melayani masyarakat yang belum memiliki rekening bank dan kurang terlayani oleh perbankan.


Mengadopsi teknologi baru AI (Artificial Intelligence)  dan cloud, pada Agustus 2020, Amar Bank bekerja sama dengan Google untuk meluncurkan Senyumku, digital bank  on the cloud pertama di Indonesia. Senyumku hadir untuk mendorong kebiasaan menabung yang baik serta meningkatkan kedisiplinan untuk mengontrol keuangan pribadi menjadi lebih baik.


Tunaiku telah diunduh lebih dari 6,7 juta kali, menerima lebih dari 9 juta aplikasi pinjaman, dan mendistribusikan lebih dari 700.000 pinjaman. Pinjaman tersebut sebagian besar untuk renovasi rumah (36 persen), modal usaha (25%), dan pendidikan (13%).


Sejak diluncurkan pada tahun 2014, Tunaiku telah menyalurkan lebih dari Rp6,6 triliun pinjaman kepada masyarakat dan pengusaha mikro yang sebagian besar belum memiliki rekening (unbanked) dan kurang terlayani (underserved). ***