EmitenNews.com -Perusahaan properti terkemuka dengan beragam proyek yang tersebar di berbagai wilayah Indonesia, PT Ciputra Development Tbk dengan kode saham CTRA dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) secara hybrid yang diselenggarakan Selasa, 27 Juni 2023, di Ciputra Artpreneur Jakarta.


RUPS menyetujui pembagian dividen tunai kepada pemegang saham total sebesar Rp278 miliar, atau Rp15 per saham. Dividen tunai ini merupakan sekitar 14,9% dari alokasi penggunaan laba bersih tahun buku 2022.

 

Di tahun 2022, CTRA berhasil mencatatkan laba bersih sebesar Rp1,9 triliun dari total pendapatan sebesar Rp9,1 triliun. Laba bersih tahun 2022 tersebut meningkat 7,4 persen jika dibandingkan laba bersih tahun sebelumnya.


Pendapatan tersebut diperoleh dari segmen pengembangan properti yang meliputi penjualan rumah hunian, ruko, apartemen, dan gedung perkantoran tercatat sebesar Rp7,2 triliun. 

 

Sedangkan pendapatan dari segmen pendapatan berulang yang meliputi pusat perbelanjaan, hotel, kantor sewa, dan rumah sakit mencapai Rp1,9 triliun. Perolehan laba bersih tahun 2022 merupakan rekor tertinggi yang pernah dicapai dalam sejarah perusahaan.


Hal itu terjadi karena adanya komitmen dari seluruh manajemen dan karyawan Grup Ciputra dalam meningkatkan performa kerja di tengah tantangan pandemi Covid-19.

 

Selama tahun 2022 CTRA meluncurkan 2 proyek baru dan 13 klaster rumah/ruko baru di proyek yang telah berjalan. Proyek baru yang telah diluncurkan yakni CitraLand Tanjung Morawa Kota Deli Megapolitan di Sumatera Utara dan CitraLand City Kedamean di Jawa Timur.


Klaster-klaster baru yang diluncurkan selama tahun 2022 meliputi Klaster Agate dan Klaster Tampak Siring di Citra Maja Raya, Klaster The Harbour dan Klaster The Conch di CitraGarden City Jakarta.


Kemudian Klaster Richmore di Citra City Balikpapan, Klaster Northwest Park Extension dan Klaster District 9 di CitraLand Surabaya, Ruko R1-Ruko R11-Ruko R23 di CitraLand Gama City Medan, Klaster Rochester & Extension di CitraLand Gama City Medan, Klaster Golden Avenue di CitraLand Losari City Makassar, Klaster Red Terracotta Phase 2 di CitraLand Tallasa City Makassar.


Gencarnya peluncuran proyek baru dan klaster terjadi karena CTRA terus berupaya untuk tetap agresif menjaga momentum pertumbuhan bisnis dan memberikan manfaat bagi perekonomian daerah setempat.

 

Direktur Utama CTRA Candra Ciputra menyampaikan bahwa Perseroan berhasil meraih marketing sales sebesar Rp3,4 triliun hingga triwulan 1-2023, atau telah mencapai 39% dari target yang telah ditetapkan sebesar Rp8,9 triliun selama tahun 2023.


“Pencapaian selama triwulan 1-2023 ini naik sebesar 74% jika dibandingkan dengan triwulan 1-2022. Kami optimistis tren positif ini dapat diteruskan hingga mencapai target marketing sales tahun 2023.


Faktor pendukung yang kami miliki antara lain karena Ciputra memiliki reputasi sebagai perusahaan yang baik, jajaran manajemen yang berpengalaman, inovasi produk yang berkesinambungan, dan kesiapan dalam memasuki era bisnis digital,” demikian disampaikan Candra Ciputra.