EmitenNews.com - Analis Phintraco Sekuritas Valdy Kurniawan mengingatkan pelaku pasar untuk mewaspadai terbentuknya pola black marubozu di perdagangan Selasa (8/3). Karena tren itu mengindikasikan potensi terjadinya koreksi lanjutan pada indeks harga saham gabungan atau IHSG hari ini.


"Perhatikan level psikologis 6800!", kata Valdy. Jika mampu bertahan di atas 6800, menurutnya IHSG Rabu (9/3) ini berpotensi rebound ke 6850. Sebaliknya jika breaklow atau jatuh ke level 6800 mengindikasikan potensi koreksi lanjutan dengan support 6750.

"IHSG tertekan oleh aksi jual pada saham-saham coal producers di Selasa (8/3), merespon rencana Pemerintah Indonesia untuk menaikan royalti batu bara ke kisaran 20%, khususnya bagi pemegang IUPK," jelas dia.

Di sisi lain, Phintraco melihat terdapat kecenderungan investor melakukan rotasi ke saham-saham terkait konstruksi. Hal ini dipicu kabar rencana penunjukan Kepala Ibu Kota Negara (IKN) dalam beberapa hari kedepan.

Selain saham-saham construction related seperti ADHI, PTPP, WIKA dan WSKT, pelaku pasar menurut Valdy juga dapat memperhatikan peluang rebound pada INDF, ICBP, ERAA, SMRA dan CTRA.(fj)