EmitenNews.com -  PT Ekagrata Data Gemilang (EDGE DC), penyedia pusat data (data center) sekaligus anak perusahaan emiten PT Indointernet Tbk (EDGE)  meresmikan data center keduanya di pusat Jakarta, nama data center tersebut adalah EDGE2 dan memiliki kapasitas 23MW Kamis (29/2).

Data center baru ini ditujukan untuk memenuhi kebutuhan hyperscale dan artificial intelligence (AI) yang meningkat. Sebagai informasi, EDGE DC adalah anak perusahaan PT Indointernet, atau yang lebih dikenal dengan nama Indonet.

EDGE2 berlokasi di Jalan Kuningan Mulia, Jakarta Selatan dan jaraknya kurang dari 3 km dari EDGE1, data center mereka yang pertama. EDGE2 diklaim sebagai data center terbesar di Jakarta dengan total IT Load sebesar 23 MW dan kapasitas lebih dari 3.400 rak.

Beberapa hal yang ditawarkan di EDGE2 adalah akses melalui kampus virtual ke lebih dari 50+ operator jaringan dan beberapa Internet Exchange yang telah berada di EDGE1, termasuk Indonesia Internet Exchange (IIX) dan Edge Peering Internet Exchange (EPIX), serta 4 titik masuk fiber yang beragam ke dalam fasilitas ini untuk lebih mendukung interkonektivitas dan redundansi.

EDGE2 memakai Dual Power Source PLN Platinum dengan jaminan uptime yang diklaim terdepan di industri. Selain itu ada juga sertifikasi LEED Gold, teknologi pendingin inovatif, yang membuat power usage effectiveness (PUE)-nya mencapai 1,24, diklaim sebagai yang paling hemat energi di Jakarta.

"Kami percaya bahwa pencapaian EDGE2 mencerminkan komitmen perusahaan terhadap keunggulan dan inovasi dalam lanskap infrastruktur digital di Indonesia. Pendirian EDGE2 menandai lompatan yang signifikan, menetapkan standar baru dan mengukuhkan posisi perusahaan sebagai pemimpin di industri ini. EDGE2 dirancang untuk memenuhi kebutuhan bisnis yang terus berkembang seiring dengan perkembangan dunia yang semakin terdigitalisasi, memastikan keamanan, keandalan, dan skalabilitas yang tak tertandingi untuk infrastruktur penting pelanggan kami," kata Stephanus Oscar, CEO EDGE DC, dalam keterangannya, Kamis (29/2).