EmitenNews.com -Emiten perdagangan, PT Ancora Indonesia Resources Tbk (OKAS) diketahui melakukan divestasi kepemilikan saham atas cicit usahanya yakni PT Multi Nasional Kemitraan ( MNKT ) kepada PT BME Indonesia.

 

Berdasarkan keterbukaan informasi yang dikutip Senin (19/6/2023), OKAS akan menjual saham MNKT sebanyak 33.250 lembar atau setara 49% porsi kepemilikan melalui anak usahanya PT Multi Nasional Kimia (MNK). Dengan aksi penjualan tersebut dana segar yang berhasil diraup senilai Rp215,67 miliar. Kendati begitu,, MNK masih menguasai 51% saham MNKT .

 

Dari aksi tersebut, menjadi satu langkah masuknya BME menjadi partner kerjasama yang strategis bagi OKAS melalui MNK. Sebagai informasi BME merupakan perusahaan jasa peledakan terbaik di dunia, melalui kerjasama ini diharapkan dapat meningkatkan kemampuan dan keahlian, serta mengembangkan kegiatan jasa peledakan secara khusus.

 

Selain itu, diharapkan mampu mendorong MNKT mendapatkan pangsa pasar yang lebih luas, dana segar yang diperoleh juga bisa mengurangi utang, dan meningkatkan akses dalam pembiayaan lainnya.

 

Terkait dengan divestasi tersebut Direktur Utama OKAS, Ratno Paskalis Hendrawan mengungkapkan masih akan dibahas pada Rapat Umum Pemegang Saham ( RUPS ) pada 20 Juni 2023 mendatang untuk mendapatkan restu dari pemegang saham sesuai Anggaran Dasar dan peraturan perundang-undangan yang berlaku.