Untuk mengukuhkan komitmen pada prinsip keberlanjutan, pada akhir tahun 2023 Perseroan berhasil meraih 100% sertifikasi dari Roundtable Sustainability Palm Oil (RSPO) untuk pabrik dan kebun dan juga telah menjalankan program RaCP-RSPO melalui program Perhutanan Sosial di mana Perseroan bekerja sama dengan empat pemegang hak Hutan Kemasyarakatan dan satu pemegang hak Hutan Desa. Perseroan juga telah mengikuti regulasi pemerintah dengan 100% mendapatkan sertifikasi Indonesia Sustainability Palm Oil (ISPO). Sertifikasi tersebut menunjukkan tekad dan kesungguhan Perseroan dalam upaya menjaga kepercayaan konsumen yang semakin kritis dan memiliki keingintahuan yang besar terkait penerapan keberlanjutan Perseroan.

Melalui berbagai upaya tersebut, Perseroan optimistis kelangsungan usaha kelapa sawit dalam jangka Panjang akan terjamin karena manfaat positifnya benar-benar dapat dirasakan oleh masyarakat setempat. Sepanjang tahun 2023, berbagai inisiatif hijau telah dilakukan Perseroan untuk mewujudkan komitmen Berkelanjutan, diantaranya menjalankan program ketelusuran (Traceability) untuk memastikan bahwa TBS Perseroan berasal dari kebun yang berkelanjutan. Menjaga dan melestarikan kawasan dengan Nilai Konservasi Tinggi (NKT) dan Stok Karbon Tinggi (SKT) termasuk habitat dan ekosistem flora-fauna di sekitar area operasionalnya serta program Pelestarian Orangutan melalui program pra pelepasliaran orangutan di Pulau Sakat yang bekerja sama dengan Borneo OrangUtan Survival Foundation. 

Selain itu, Perseroan melakukan uji coba produksi atau commissioning Bio-Compressed Natural Gas (CNG) Plant berlokasi di Kotawaringin Barat dengan kapasitas gas biometana 1,000 Nm3/jam. Bio-CNG merupakan bentuk lain pemanfaatan biogas yang dihasilkan dari limbah cair kelapa sawit (POME). Pengembangan Bio-CNG ini sebagai bentuk keseriusan Perseroan untuk ikut berperan dalam mendorong pemanfaatan energi terbarukan yang ramah lingkungan dan meminimalkan emisi karbon seperti yang tertuang dalam komitmen Kyoto Protocol (1997) dan Paris Agreement (2015). Komitmen ini sejalan dengan upaya Pemerintah dalam Rencana Aksi Nasional Perkebunan Kelapa Sawit Berkelanjutan (RAN KSB) 2009 – 2024 yakni peningkatan pemanfaatan produk kelapa sawit sebagai Energi Baru Terbarukan (EBT) dalam rangka ketahanan energi. Dengan beroperasinya Bio-CNG, SSMS dapat mengurangi ketergantungan penggunaan bahan bakar fosil beralih ke energi terbarukan. 

Pada kesempatan yang sama, Akhmad Faisyal selakau Direktur SSMS menyadari, kemajuan perusahaan harus sejalan dengan prinsip-prinsip tata Kelola yang baik dan komitmen besar terhadap keberlanjutan, Perseroan berupaya untuk menjaga keseimbangan pembangunan dengan tingkat kesejahteraan masyarakat sekitar, kelestarian alam, dan sumber daya manusia yang mumpuni. 

Perseroan menerapkan keberlanjutan ke seluruh aktivitas bisnis dan operasi sesuai dengan program strategis keberlanjutan yang telah dirumuskan sejak tahun 2011. Strategi keberlanjutan Perseroan mengintegrasikan seluruh berbagai elemen Lingkungan, Sosial, dan Tata Kelola Perusahaan (LST) yang berfokus pada tiga aspek, yaitu: People, Planet dan Profit. 

Hasil RUPS

Rapat yang dipimpin oleh Dewan Komisaris menyatakan mayoritas pemegang saham telah menyetujui seluruh agenda RUPST & RUPSLB hari ini, Komisaris Utama SSMS Bungaran Saragih menyatakan, Direksi diharapkan dapat melaksanakan apa yang telah disetujui amanat RUPS. RUPSLB hari ini juga menyetujui pengangkatan Jap Hartono selaku Direktur Utama Perseroan dan Akhmad Faisyal selaku Direktur Perseroan terhitung sejak ditutupnya Rapat. Perubahan Direksi ini merupakan langkah strategis perseroan dalam menyesuaikan perkembangan industri yang dinamis, dengan memperkokoh langkah integrasi bisnis yang berkelanjutan sehingga Perseroan dapat lebih berkembang, demi tercapainya pertumbuhan dengan mengedepankan nilai-nilai tata kelola yang dapat memberikan nilai tambah bagi seluruh pemangku kepentingan.

Dewan Komisaris mengucapkan terima kasih kepada Direksi atas dan seluruh elemen organisasi atas komitmen terhadap Keberlanjutan dan Tata Kelola Perusahaan yang baik. Dengan Komitmen Berkelanjutan, berbagai tantangan telah berhasil dilalui SSMS dengan baik. Tantangan tersebut menjadi pelajaran yang akan membuat SSMS menjadi semakin kuat di masa mendatang. 

“Pencapaian Perseroan selama ini diraih berkat dukungan yang berkesinambungan dari seluruh pemangku kepentingan yang telah mempercayai SSMS, semoga kerja sama yang baik ini dapat terus berlanjut dan ditingkatkan di masa-masa mendatang,” pungkas Akhmad Faisyal. ***