EmitenNews.com -PT Archi Indonesia Tbk (ARCI) melaporkan, selama kurun tiga tahun ke depan perseroan akan mengalokasikan belanja modal (capex) rata-rata USD73 juta, sedangkan untuk sepanjang tahun lalu realisasi investasi capex sebesar USD69,3 juta.


Rencana investasi belanja modal selama kurun tiga tahun ke depan tersebut dipaparkan oleh Direktur ARCI, Hidayat Dwiputro Sulaksono, saat Public Expose 2023 di Jakarta, Senin (19/6). Dia mengatakan, pada tahun lalu realisasi capex USD69,3 juta, yang sebagian besar digunakan untuk infrastruktur pertambangan hingga pembangunan infrastruktur tailing storage facility.


"Ke depan, perseroan berencana melakukan investasi belanja modal rata-rata untuk di tiga tahun ke depan sebesar USD73 juta," ujar Hidayat.


Pada kesempatan yang sama, Direktur Utama ARCI, Rudy Suhendra menyampaikan, meskipun perseroan berfokus pada proses remediasi atau pemulihan pit, namun sejauh ini ARCI mampu mengoptimalkan kegiatan penambangan di tiga.pit lainnya.


Sepanjang 2022, lanjut Rudy, ARCI berhasil menjual emas hasil penambangan sebanyak 111,1 kilo ons dan membukukan pendapatan sebesar USD216,5 juta, sedangkan laba bersih senilai USD14,5 juta.


Dia menuturkan, langkah strategis lain yang dilakukan ARCI dalam upaya memperluas jangkauan usaha maupun memperkuat sinergi perusahaan penambangan emas terintegrasi adalah, penambahan lini bisnis baru.


"Lini bisnis baru ini berupa pemurnian bijih emas, melalui anak perusahaan, PT Elang Mulia Abadi Sempurna dan rencananya akan beroperasi pada Kuartal III-2023," kata Rudy.