EmitenNews.com - "Hari ini jam 11.40 sudah meninggal Pak Azwar Anas, beliau tokoh Minang yang pernah menjabat sebagai Dirut Semen Padang, Gubernur Sumbar, Menhub, dan Menko Kesra." Demikian kabar yang disampaikan anggota DPR RI asal Sumatera Barat, Andre Rosiade, seperti dikutip Minggu (5/3/2023).

 

Letjen TNI (Purn) Azwar Anas meninggal dunia, Minggu (5/3/2023). Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat (Menko Kesra) di era Presiden Soeharto itu, meninggal dunia karena sakit, setelah sempat menjalani perawatan medis di RSPAD Gatot Subroto, Jakarta. Ia mendapat perawatan intensif selama dua bulan di CICU RSPAD.

 

Azwar Anas adalah seorang purnawirawan TNI, birokrat, hingga politikus. Sebelum berkiprah di tingkat nasional, ia menjabat Gubernur Sumatera Barat selama dua periode, yakni pada 1977-1987.

 

Setelah tak lagi menjadi gubernur, setahun kemudian ia ditunjuk Presiden Soeharto sebagai Menteri Perhubungan Indonesia pada Kabinet Pembangunan V (1988-1993). Lalu, Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat pada Kabinet Pembangunan VI (1993-1998).

 

Azwar Anas juga meninggalkan jejak dalam dunia persepakbolaan Tanah Air. Pria kelahiran Mata Air, Padang, 2 Agustus 1931 itu, menjabat sebagai Ketua Umum Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) periode 1991-1999. Kepemimpinannya selama delapan tahun diwarnai berbagai momen penting. Di antaranya, terlibat dalam menggagas proyek mercusuar dengan menggandeng klub Serie A Italia, Sampdoria, untuk mendidik pemain muda Timnas Indonesia.

 

Catatan yang ada menunjukkan, para pemain terbaik Indonesia yang tergabung di Timnas Indonesia U-19 dikirim ke Italia untuk mengikuti turnamen junior Primavera (1993-1994) dan Baretti (1995-1996).

 

Dari proyek besar itulah lahir beberapa bintang sepak bola yang mewarnai percaturan olah raga Indonesia. Di antaranya, Kurniawan Dwi Yulianto, Kurnia Sandy lahir, dan Bima Sakti. Sampai kini ketiga nama tersebut dipercaya menjadi pelatih timnas Indonesia.

 

Bima Sakti pernah menjadi pelatih Timnas Indonesia U-16 yang sukses menjuara Piala AFF U-16 2022. Bima Sakti dan Kurniawan kini menjadi asisten pelatih Timnas U-23 di bawah kepemimpinan Indra Sjafri.

 

Ketika itu, Azwar Anas juga membuat terobosan di kompetisi domestik. Ia sukses menggabungkan kompetisi Galatama dan Perserikatan pada 1995.