EmitenNews.com - Isu mengenai Energy Transition Mechanism (ETM) menjadi salah satu topik yang terus dibahas dalam KTT G20 Indonesia. Salah satunya melalui pertemuan bilateral antra Direktur Operasi Bank Dunia, Axel van Trotsenburg, dengan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati.


Dalam pertemuan yang berlangsung sebelum pembukaan KTT G20, Menkeu membahas upaya untuk meningkatkan pembangunan Indonesia yang berkelanjutan, termasuk dalam hal mekanisme transisi energi tersebut.


Melalui pertemuan itu, Menkeu berharap dapat mempelajari bagaimana Bank Dunia akan menyalurkan pendanaan pada kegiatan transisi energi. Tujuannya adalah untuk memberikan referensi panduan bagi PT. Sarana Multi Infrastruktur (SMI) selaku country platform ETM Indonesia.


Menanggapi itu, Direktur Axel menyatakan bahwa Bank Dunia selalu siap untuk mendukung transisi energi Indonesia.


Menkeu bersama Axel juga membahas mengenai Multilateral Development Banks’ Capital Adequacy Frameworks. Dalam hal ini bagaimana mengelaborasi upaya-upaya Bank Dunia untuk terus mencari cara dalam meningkatkan kapasitas pembiayaan untuk pembangunan, khususnya bagi lower dan middle income countries.


Menurut Menkeu, kerjasama Ini menunjukkan komitmen Indonesia bersama dengan Bank Dunia dalam mendukung dunia untuk terus bangkit bersama dan bangkit lebih kuat, sesuai tema Presidensi G20 Indonesia tahun ini “Recover Together, Recover Stronger”.(fj)