EmitenNews.com - Barcelona tersingkir dari penyisihan grup Liga Champions untuk pertama kalinya dalam 18 tahun terakhir ini. Raksasa Spanyol itu takluk 3-0 atas Bayern Munchen di laga pamungkas Grup E pada Kamis (9/12/2021) WIB. Lihat daftar 16 tim yang lolos ke babak 16 besar.


Bermain di Allianz Arena, Thomas Mueller dan Leroy Sane membawa Bayern unggul 2-0 di babak pertama, masing-masing pada menit 34 dan 43. Jamal Musiala melengkapi kemenangan Die Roten menjadi 3-0 pada menit 62.


Dengan hasil tersebut, Barcelona tidak akan lolos ke babak 16 besar. Kemenangan 2-0 Benfica di kandang atas Dynamo Kiev berarti Barcelona tidak lolos ke babak 16 besar sejak musim 2003/04.


Xavi, pelatih Barcelona, memuji lawannya dan menuturkan kekalahan ini sebagai titik balik.


"Bayern lebih baik, superior. Ini adalah kenyataan pahit yang harus kami hadapi. Saya telah memberi tahu para pemain bahwa ini adalah titik balik. Hari ini era baru dimulai dan kami harus membawa Barca ke tempat yang pantas,” ujar Xavi dikutip dari Sky Sports.

 

Beda kualitas Barcelona dan Bayern Munchen

Statistik Barcelona kurang baik untuk membawa mereka melenggang ke perempat final Liga Champions. Blaugrana hanya mencetak dua gol dalam enam pertandingan. Dua gol tersebut menjadi kemenangan atas Dynamo Kiev dalam dua pertemuan.


Kekalahan 3-0 dalam tiga pertandingan (dua kali melawan Bayern Munchen, satu kali melawan Benfica) dan satu kali imbang 0-0 dengan Benfica menjadi rapor untuk klub asal Catalan.


Sementara itu, Bayern Munchen mengukuhkan diri sebagai juara Grup E dengan meraih enam kemenangan. Bersama Ajax dan Liverpool, Skuat asuhan Julian Nagelsmann menjadi tiga tim yang sapu bersih kemenangan di fase grup.


Bayern juga menjadi tim paling produktif di fase grup dengan mencetak 22 gol, unggul atas Ajax (20 gol), Manchester City (18), dan Liverpool (17). 


Pengundian perempat final

Pengundian perempat final Liga Champions berlangsung di Nyon, Swiss, pada Senin (13/12/2021) pukul 18.00 WIB. Pengundian tersebut menampilkan 16 tim yang lolos dari babak penyisihan grup Liga Champions; delapan juara grup sebagai unggulan dan delapan runner-up.


Sejauh ini, sebanyak 15 tim telah lolos. Laga Atalanta dan Villareal di Grup F yang tertunda karena salju akan memperebutkan tiket terakhir menuju 16 besar.


Manchester City (Inggris), Liverpool (Inggris), Ajax (Belanda), Real Madrid (Spanyol), Bayern Munchen (Jerman), Manchester United (Inggris), LOSC Lille (Perancis), dan Juventus (Italia) menjadi unggulan karena finis sebagai juara grup.


Kemudian Paris Saint-Germain (Perancis), Atletico (Spanyol), Sporting CP (Portugal), Inter (Italia), Benfica (Portugal), Atalanta BC (Italia) / Villareal (Spanyol), Salzburg (Austria), dan Chelsea (Inggris) menjadi tim yang lolos sebagai runner-up grup.


Absennya Borussia Dortmund dan Barcelona menjadi kejutan di Liga Champions. Kedua tim finis di posisi ketiga. Walau memiliki poin sama, Dortmund kalah selisih gol dan head-to-head dengan Sporting CP yang berada di posisi runner-up. BVB menang pada pertemuan pertama dengan skor 1-0, namun Sporting membalas 3-1 di pertemuan kedua.