EmitenNews.com - Silvery Moon Investments Ltd tidak betah berlama-lama menjadi kolektor saham VKTR Mobilitas (VKTR). Baru seminggu menyemai saham emiten kendaraan listrik Bakrie Group itu, Silvery sudah melepas 1,92 miliar eksemplar.

Divestasi saham setara 4,39 persen itu, telah dipatenkan pada Kamis, 8 Agustus 2024. Transaksi tersebut dibantu penuh oleh Ciptadana Sekuritas Asia. Menyusul transaksi tersebut, tabungan saham VKTR dalam genggaman Silvery langsung menipis.

Tepatnya, menjadi 2,72 miliar eksemplar alias setara dengan porsi kepemilikan 6,24 persen. Artinya, mengalami reduksi sekitar 4,39 persen dari episode sebelum transaksi dengan tabulasi 4,65 miliar helai. Porsi saham sebelum transaksi setara dengan 10,63 persen.

Sebelumnya, pada 31 Juli 2024, Silvery Moon mengemas 4,65 miliar saham perseroan. Pembelian saham sebanyak 10,63 persen itu, terjadi dengan harga pelaksanaan Rp100 per lembar. Menyusul skema harga itu, Silvery Moon dipaksa merogoh dana Rp465 miliar.

Rupanya, Silvery Moon menampung saham yang dibuang oleh Bakrie & Brothers (BNBR). Pasalnya, saat bersamaan sang pengendali perseroan itu, melepas 4,65 miliar lembar. Penjualan terjadi dengan harga pelaksanaan Rp100.

Nah, dengan pelepasan seharga itu, Bakrie & Brothers mendapat dana taktis Rp465 miliar. ”Transaksi dilakukan untuk penyelesaian utang kepada pihak ketiga yang tidak terafiliasi dengan perseroan,” tegas Indah Permatasari Saugi, Head of Corporate Secretary VKTR Teknologi. (*)