EmitenNews.com - Dalam rangka memperingati hari kelahiran waran terstruktur ke-2, PT Bursa Efek Indonesia (BEI) bekerja sama dengan RHB Sekuritas Indonesia (DR) menyelenggarakan Hari Waran Terstruktur Indonesia (HWTI) 2024 di Main Hall BEI, Kamis (19/9).

Penyelenggaraan acara HWTI 2024 merupakan salah satu bentuk sosialisasi dan edukasi terkait produk waran terstruktur yang bertujuan untuk meningkatkan awareness investor maupun pelaku pasar mengenai potensi waran terstruktur sebagai alternatif investasi produk selain saham.

HWTI 2024 terselenggara atas kerjasama BEI bersama dengan RHB Sekuritas Indonesia dan didukung oleh sekuritas mitra penjual DR waran, diantaranya Bahana Sekuritas, Mandiri Sekuritas, Mirae Asset Sekuritas, Sucor Sekuritas, Trimegah Sekuritas, dan Erdikha Sekuritas.

Acara ini turut menghadirkan Head, Sales & Marketing Equity Derivatives RHB Sekuritas Indonesia, Steinly Atmanagara dan Trader waran dari @WaranHunterIndonesia, Deffandi Nasrul sebagai narasumber sesi sharing session dan seminar.

Dalam siaran pers BEI, Kamis (19/9) disebutkan bahwa produk waran terstruktur di pasar modal Indonesia diluncurkan pertama kali pada tanggal 19 September 2022, dengan RHB Sekuritas Indonesia sebagai penerbit waran terstruktur pertama.

Sejak diluncurkan hingga saat ini, perkembangan produk waran terstruktur bertumbuh cukup pesat baik dari sisi issuance maupun aktivitas transaksi harian di pasar sekunder.

Adapun sampai dengan tanggal 17 September 2024, telah tercatat 475 seri waran terstruktur dari 5 penerbit dengan nilai transaksi per 17 September 2024 mencapai rata-rata 2,5 miliar rupiah per hari.

Untuk terus mendukung pertumbuhan produk waran terstruktur, Equity Derivatives (EQD) RHB Sekuritas Indonesia memiliki komitmen untuk selalu memberikan pelayanan edukasi serta pengembangan produk derivatif lainnya.

HWTI sendiri merupakan salah satu bentuk apresiasi kepada seluruh investor waran terstruktur yang telah setia dalam mengikuti perkembangannya selama ini.

Dalam hal pengembangan, dimana selama 2 tahun terakhir ini investor hanya dapat mengambil posisi Call dalam waran terstruktur, maka dalam jangka pendek RHB Sekuritas Indonesia segera menawarkan waran terstruktur Put yang dapat melengkapi waran terstruktur Call.

“BEI terus melakukan berbagai inisiatif untuk lebih mengembangkan ekosistem waran terstruktur baik dari sisi variasi produk, likuiditas, mekanisme perdagangan dan edukasi serta sosialisasi terkait manfaat produk waran terstruktur, diantaranya melakukan penyesuaian pada auto rejection dan maximum price movement waran terstruktur, perluasan daftar underlying saham waran terstruktur, pengembangan waran terstruktur jenis Put dan beragam kegiatan lain untuk mendorong awareness investor terhadap produk waran terstruktur,” terang Direktur Perdagangan dan Pengaturan Anggota Bursa BEI, Irvan Susandy, dalam sambutannya.

Ia pun berharap, melalui penyelenggaraan HWTI 2024 para investor dapat mengenal lebih dalam mengenai waran terstruktur sebagai instrumen keuangan pilihan dan berbagai fitur serta strategi trading yang dapat diterapkan untuk mengoptimalkan pengalaman dalam bertransaksi pada produk waran terstruktur.