EmitenNews.com - Bursa Efek Indonesia (BEI) menargetkan penambahan 2 juta investor baru setiap tahunnya, didorong oleh upaya edukasi pasar modal yang semakin masif. 

Direktur Pengembangan BEI, Jeffrey Hendrik, menyebutkan bahwa jumlah investor saat ini telah mencapai 13,6 juta. Target pertumbuhan tersebut diharapkan dapat membuat pasar modal semakin inklusif.

Dari sisi transaksi, BEI mencatatkan transaksi harian saham senilai Rp12,2 triliun dengan rata-rata 1,2 juta transaksi per hari. 

Saat ini, sebanyak 936 perusahaan telah tercatat di BEI, dengan nilai kapitalisasi pasar mencapai Rp12.700 triliun, atau sekitar 750 miliar dolar AS, yang menjadikan BEI sebagai bursa dengan kapitalisasi terbesar di ASEAN, diikuti oleh Thailand dengan 450 miliar dolar AS dan Singapura sebesar 350 miliar dolar AS.

Jeffrey menambahkan bahwa capaian ini merupakan peluang sekaligus tantangan bagi BEI untuk terus mengembangkan pasar modal Indonesia. BEI akan fokus pada pendalaman pasar serta terus meluncurkan produk-produk baru yang dibutuhkan oleh para pelaku pasar.