EmitenNews.com - Orang-orang terkaya di dunia, termasuk Bill Gates, lewat puluhan yayasan sosial, meminta izin kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk berkumpul di Bali. Para foundation besar dunia itu, mengajukan izin untuk berkumpul di Bali pada April 2022. Bill Gates dkk berniat membantu Indonesia dalam menangani perubahan iklim, sampah plastik di laut hingga memberdayakan UMKM.


Puluhan yayasan sosial besar dunia yang berkirim surat ke Presiden Jokowi itu, di antaranya The Rockefeller Foundation hingga Bill Gates Foundation, dan lain sebagainya.


Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, mengungkapkan adanya permintaan para orang kaya sejagad, di antaranya Bill Gates itu, saat berbincang dengan Presiden Jokowi.


"Tadi malam saat saya lapor Bapak Presiden, tiba-tiba ada sekian puluh foundation dunia yang besar-besar, sebut sajalah Rockefeller, Bill Gates. Mereka nulis surat ke Presiden, saya dikasih copy-nya tadi malam," tutur Luhut Binsar Pandjaitan dalam acara Peluncuran Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia 2022, Rabu (19/11/2022).


Ternyata para foundation besar dunia itu berkirim surat ke Jokowi mengajukan izin untuk berkumpul di Bali pada April 2022. Mereka berniat mengadakan acara untuk membantu Indonesia dalam menangani perubahan iklim, sampah plastik di laut hingga membantu UMKM RI.


"Menarik, mereka tanda tangan semua. Ada Rockefeller Foundation, Bill Gates, ada hampir 30-40 foundation dunia. Kalau dikumpul-kumpul semua, nggak tau bisa lebih besar dari GDP negeri kita ini," kata Luhut Binsar Pandjaitan.


Presiden mengaku bersedia bertemu mereka, apalagi karena para taipan itu, lewat yayasan sosial masing-masing, akan membantu Indonesia dalam hal besar, yang menjadi perhatian pemerintah saat ini.


"Kalau ada UMKM-nya saya bersedia Pak Luhut. Satu hari, dua hari pun oke. Jadi, Anda bayangkan perhatian Presiden itu dan perhatian dunia," tutur Luhut.


Luhut menegaskan bahwa itu merupakan bukti bahwa Jokowi memiliki perhatian besar terhadap UMKM. Selain itu UMKM juga mendapatkan perhatian besar dari dunia. Karena itulah menurut Luhut, Presiden menyetujui permintaan izin itu, bahkan bersedia bertemu mereka untuk membicarakan kemajuan Indonesia. ***