EmitenNews.com -Emiten penyediaan akomodasi, real estat dan aktivitas olahraga PT Pakuan Tbk (UANG) dan PT Sirius Surya Sentosa (SSS) hendak menjalankan kerjasama operasi suatu proyek bernama Innopark Project, yang meliputi pembangunan, pengelolaan, penjualan dan pengoperasian 8 apartemen, di Tanah Proyek.

 

Perseroan berpartisipasi dalam pengembangan tanah milik induk usahanya melalui Kerja sama operasi (KSO) Innopark Project dengan kepemilikan masing – masing sebesar 37% dan 63%.

 

SSS merupakan salah satu pemegang saham utama Perseroan dengan kepemilikan sebesar 30,0354% dari seluruh saham yang diterbitkan oleh Perseroan. SSS dan Perseroan berada di bawah pengendalian Pengendali yang sama, yaitu Tri Ramadi.

 

Manajemen UANG dalam keterangan resminya yang dikutip, Senin (1/7/2023) menyebutkan, sehubungan dengan transaksi yang telah dilakukan Perseroan untuk berpartisipasi dalam KSO Innopark Project yang dikelola oleh SSS yang merupakan Afiliasi dari Perseroan, di mana Perseroan saat ini telah mempunyai hak kepemilikan atas 37% dari KSO Innopark Project (“Transaksi Partisipasi KSO Innopark Project”), dengan nilai kontribusi penyertaan sebesar Rp212,50 miliar Jumlah kontribusi tersebut telah disertakan oleh Perseroan melalui penerimaan pengalihan hak atas deposit proyek yang dimiliki DDS pihak ketiga yang bukan merupakan afiliasi dari Perseroan maupun SSS terkait KSO Innopark Project dengan jumlah yang sama yakni sebesar Rp212,50 miliar.

 

Bahwa setelah selesainya Transaksi Pengalihan Deposit Proyek, maka Perseroan memiliki deposit proyek kepada SSS sebesar Rp212,50 miliar jumlah mana dianggap sebagai penyertaan kontribusi Perseroan sehubungan dengan Transaksi Partisipasi KSO Innopark Project. 

 

Bahwa sebagian atas nilai Transaksi Pengalihan Deposit Proyek yakni sebesar Rp176,50 miliar diperjumpakan (set-off) dengan pembayaran kontribusi tambahan oleh DDS kepada Perseroan sehubungan dengan KSO Vasanta Diamond Sawangan Project (KSO yang dikelola oleh Perseroan dan DDS) terkait dengan peningkatan porsi hak dari DDS dalam KSO tersebut.

 

SSS memiliki tanah dengan luasan lebih dari 4 hektar yang berlokasi di Kawasan Komersial MM2100 Industrial Town, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Indonesia, yang memiliki potensi untuk dikembangkan menjadi kawasan komersial dan hunian.

 

Transaksi ini memberikan manfaat kepada Perseroan diantaranya yaitu Perseroan akan memperoleh keuntungan dari penjualan dan pengoperasian proyek, Perseroan memiliki tambahan portfolio proyek yang sesuai dengan lokasi yang strategis dan sesuai dengan konsep pengembangan Perseroan, Perseroan memiliki tambahan sumber pendapatan pada laporan keuangan dari konsolidasi dan memiliki tambahan sumber pendapatan dari pembagian keuntungan atas porsi kepemilikan pada KSO Innopark Project.