EmitenNews.com - Emiten laboratorium, PT Prodia Widyahusada Tbk (PRDA) baru-baru ini melakukan aksi korporasi yaitu mengakuisisi saham perusahaan afiliasinya yaitu PT Prodia Diagnostic Line (Proline) sebesar 39%.

Direktur Keuangan PRDA, Liana Kuswandi mengatakan, dengan aksi tersebut, PRDA menargetkan laba bertumbuh 3%.

“Kalau dihitung rata-rata impact per tahun untuk laba komprehensif sebanyak 3%,” kata Liana kepada wartawan dalam acara Prodia Connect : Insight And Networking di Jakarta, Kamis (18/7/2024).

Sebagai informasi, Proline merupakan produsen alat kesehatan diagnostik in vitro. Untuk memperkuat dan mengamankan rantai pasoknya, Prodia juga mendukung pemerintah dalam membangun kemandirian alat kesehatan di Indonesia. 

Dengan ini, Proline dipilih sebagai mitra investasi karena produk-produknya memiliki Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) yang tinggi.

Selain itu, Direktur Utama PRDA, Dewi Mulianty, mengatakan, aksi tersebut menunjukkan komitmen Prodia dalam mendukung industri lokal dan mengurangi ketergantungan pada impor.

Proline mampu mengembangkan produk diagnostik dengan TKDN tinggi yang memenuhi kebutuhan laboratorium swasta maupun pemerintah.