EmitenNews.com - Sejumlah pengusaha yang bergerak di bidang pertambangan dan perbankan masuk daftar orang terkaya Indonesia, seperti dirilis majalah bisnis Forbes dan media Bloomberg, pada akhir Oktober 2024. Mereka, antara lain, Prajogo Pangestu, Sri Prakash Lohia, juga Budi dan Michael Hartono, serta Chairul Tanjung. 

Informasi Minggu (27/10/2024), Forbes membuat pemeringkatan orang terkaya dengan melacak nilai kepemilikan publik individu yang diperbarui setiap lima menit saat pasar saham dibuka. Individu yang nilai kekayaannya secara signifikan terkait dengan perusahaan swasta bakal diperbarui kekayaan bersihnya satu kali dalam sehari. 

Bila individu mempunyai saham di perusahaan swasta menyumbang 20 persen atau lebih dari kekayaan bersihnya maka nilai perusahaan akan disesuaikan dengan indeks pasar industri atau wilayah tertentu yang disediakan oleh mitra Forbes di FactSet Research Systems. 

Berikut daftar orang terkaya di Indonesia versi Forbes, Oktober 2024: 

  1. Prajogo Pangestu, pendiri PT Barito Pacific (perusahaan petrokimia) Kekayaan: USD55,4 miliar, atau setara Rp866 triliun. 
  2. Budi Hartono, pemilik BCA dan pendiri Djarum, Kekayaan: USD27,4 miliar atau Rp428 triliun.
  3. Michael Hartono, pemilik BCA dan pendiri Djarum Kekayaan: USD26,3 miliar, atau Rp411 triliun. 
  4. Low Tuck Kwong, pendiri perusahaan tambang batu bara PT Bayan Resources Kekayaan USD24,3 miliar atau Rp380 triliun. 
  5. Sri Prakash Lohia, pendiri perusahaan tekstil dan petrokimia, yaitu PT Indo-Rama Synthetics dan PT Indorama Corporation. Kekayaan: USD8,5 miliar atau Rp133 triliun.
  6. Agoes Projosasmito, presiden komisaris perusahaan tambang tembaga dan emas Amman Mineral Indonesia, Kekayaan USD6,7 miliar atau Rp104 triliun. 
  7. Tahir family, pendiri Grup Mayapada yang bergerak di bidang kesehatan, real estate, dan perbankan, Kekayaan USD6,0 miliar, atau Rp93 triliun. 
  8. Chairul Tanjung, pemilik CT Corp, Kekayaan: USD5,2 miliar, atau setara Rp81 triliun. 9. Djoko Susanto, pendiri Alfamart, Kekayaan USD5,2 miliar, setara Rp81 triliun. 
  9. Lim Hariyanto Wijaya Sarwono,pemilik perusahaan pertambangan nikel, bauksit, batu bara serta perkebunan kelapa sawit Harita Group, Kekayaan USD4,3 miliar atau setara Rp67 triliun. 

Kalau dilihat cermat daftarnya, nama-nama yang ada memang selalu muncul, seperti yang sekarang dikeluarkan Oktober ini. Boleh nama-nama tersebut sudah menjadi langganan daftar orang terkaya di Tanah Air. Yang berbeda hanya peringkatnya. Yang kali ini berada di puncak, sebelumnya di posisi lebih bawah, atau sebaliknya.***