Pada menit ke-53, Arhan melepaskan lemparan dalam jarak jauh langsung ke mulut gawang lalu ditepis kiper Vietnam. Bola tepisan itu, jatuh ke arah Marselino yang melepaskan tembakan dan sempat menyentuh kaki Ferarri. Tercipta gol, dan membuat Skor 2-1 untuk Indonesia.

 

Unggul 2-1, pemain Indonesia kurang awas. Pada menit ke-60 malapetaka terjadi. Pratama Arhan diganjar kartu kuning kedua, yang berarti kartu merah. Pratama Arhan mencoba protes kepada wasit usai mendapatkan kartu merah. Tetapi, tak lama ia akhirnya keluar lapangan, dengan wajah kesal.

 

Dengan keunggulan jumlah pemain, Vietnam makin gencar melancarkan serangan, dan lebih mendominasi jalannya pertandingan. Tim lawan seperti begitu bernafsu untuk  menyamakan kedudukan setelah pemain Indonesia berkurang satu.

 

Petaka berikutnya datang. Pada menit ke-79 Vietnam berhasil menyamakan kedudukan lewat gol bunuh diri dari Bagas Kaffa saat berusaha membuang bola.

 

Itu berawal dari umpan silang Nguyen Ngoc Thang dari sisi kanan ke kotak penalti Indonesia. Disambut oleh Xuan Tien Dinh, yang sukses menciptakan kemelut di depan gawang Indonesia. Bola liar yang tercipta saat itu, berusaha dibuang Bagas. Sayangnya, upayanya justru masuk ke gawang sendiri. Skor kembali berubah, 2-2.

 

Skor imbang, di tengah keunggulan jumlah pemain, Vietnam makin bersemangat untuk mengincar gol kemenangan. Vietnam terus menekan Indonesia, yang hanya mampu bermain bertahan untuk mengatasi gempuran lawan. Tetapi, sampai menit ke-90 belum ada tambahan gol yang tercipta.

 

Menjelang akhir babak kedua, Vietnam yang percaya diri karena unggul jumlah pemain benar-benar menjalankan strategi menyerang. Mereka terus memberikan tekanan, untuk menciptakan goal. Garuda Muda yang diasuh pelatih Indra Sjafri, hanya bisa bertahan.

 

Untungnya, kecepatan pemain Indonesia sehingga membuahkan kesempatan serangan balik pada masa injury time, saat laga masuk menit ke-90+7, bisa dimanfaatkan. Sempat terjadi kemelut di depan kotak penalti, tetapi Taufany Muslihuddin dengan cerdik melepaskan sepakan kencang ke pojok kanan gawang Vietnam, dan gol. Kedudukan menjadi 3-2 untuk keunggulan Indonesia atas Vietnam.