Agar berhasil guna, Posko Aduan Netralitas TNI itu nantinya diserahkan ke Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI dalam waktu 1x24 jam setelah laporan diterima untuk memutuskan adanya pelanggaran pemilu atau tidak.

 

Jika Bawaslu menetapkan aduan itu diduga kuat sebagai pelanggaran pemilu, maka akan ditindaklanjuti oleh Polisi Militer (POM) TNI untuk penegakan hukum.

 

Pangkat naik jadi jenderal penuh

Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik Pangkostrad Letnan Jenderal TNI Maruli Simanjuntak sebagai Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD). Sebelumnya, pangkat Maruli Simanjuntak dinaikkan satu bintang menjadi jenderal penuh, empat bintang.

 

Pelantikan berlangsung di Istana Negara, Jakarta, Rabu siang, sesuai surat Keputusan Presiden Nomor 103/TNI/2023 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Kepala Staf Angkatan Darat.

 

Maruli mengucapkan sumpah jabatannya untuk selalu setia kepada UUD 1945 dan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi dharma bakti kepada bangsa dan negara.

 

“Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya dan dengan penuh rasa tanggung jawab. Bahwa saya akan menjunjung tinggi sumpah prajurit,” kata Maruli Simanjuntak mengikuti ucapan Presiden Jokowi yang memandu pengucapan sumpah itu.

 

Yang menarik, menyaksikan seremoni pelantikan terlihat Menteri Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan, yang selama ini menjalani perawatan di Singapura. Penampilan LBP berjas lengkap, agak lain, dengan rambut putihnya yang ditutup kopiah hitam. Meski terlihat lebih kurus, tetapi sudah segar, dengan senyum merekahnya.

 

Terlihat juga  Menko Polhukam Mahfud MD, Mendagri Tito Karnavian, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, dan tamu undangan lainnyaa.