EmitenNews.com -Fitch Ratings telah mengafirmasi PT. Peringkat Nasional Jangka Panjang KB Finansia Multi Finance (KBFMF) dan peringkat obligasi seniornya di 'AAA(idn)'. Outlook Stabil.


Peringkat Nasional 'AAA' menunjukkan peringkat tertinggi yang diberikan oleh agensi pada skala Peringkat Nasionalnya untuk negara tersebut. Peringkat ini diberikan kepada emiten atau surat utang dengan ekspektasi risiko gagal bayar terendah relatif terhadap semua emiten atau surat utang lainnya di negara atau kesatuan moneter yang sama.


Peringkat Didukung oleh Dukungan Pemegang Saham: KBFMF dimiliki 80% oleh KB Kookmin Card Co., Ltd. (Kartu KB), sebuah perusahaan kartu kredit dan pembiayaan otomotif utama Korea. Kartu KB pada gilirannya dimiliki sepenuhnya oleh KB Financial Group Inc. (KBFG), sebuah perusahaan induk keuangan besar dengan berbagai anak perusahaan, yang terbesar adalah Kookmin Bank (A/Stabil). Peringkat KBFMF didorong oleh harapan kami akan kemungkinan besar dukungan luar biasa dari Kartu KB dan pada akhirnya, KBFG. Kami menilai bahwa orang tua memiliki profil kredit yang jauh lebih kuat daripada KBFMF secara mandiri.


Peran Strategis Memberi Insentif Dukungan: KBFMF memberikan kontribusi finansial yang sederhana kepada KBFG karena ukurannya yang lebih kecil dan catatan singkat sebagai bagian dari grup sejak diakuisisi pada tahun 2020.


Meskipun demikian, kami percaya KBFMF mendukung strategi grup untuk berekspansi ke Indonesia dan menilai bahwa grup akan memiliki kecenderungan untuk mendukung KBFMF melalui Kartu KB, mengingat peran anak perusahaan dalam strategi grup, kepemilikan mayoritas Kartu KB, branding bersama, catatan dukungan dan jaminan perusahaan dari KB Card dan Kookmin Bank yang mencakup sebagian besar utang KBFMF. Kami juga memperhitungkan pertumbuhan integrasi KBFMF dengan Kartu KB, mengingat manajemen kunci tambahan baru-baru ini ditunjuk oleh induk.


Peran dalam Ekspansi Grup di Indonesia: KBFMF merupakan bagian dari ekspansi strategis KBFG yang lebih luas di Indonesia. Sebagian besar anak perusahaan utama konglomerat keuangan telah masuk ke negara itu melalui akuisisi dalam beberapa tahun terakhir. Kami juga mengamati sinergi antara KBFMF dan anak perusahaan Grup lainnya di Indonesia, termasuk jaminan dari Kookmin Bank untuk menutup sebagian pinjaman KBFMF. Hal ini semakin memperkuat pandangan kami terhadap prospek dukungan luar biasa dari grup melalui Kartu KB, jika diperlukan.


Profil Mandiri Sederhana: Profil kredit mandiri KBFMF tidak secara langsung mendorong peringkatnya, tetapi kami menilainya lebih lemah daripada peringkat yang didorong oleh dukungan karena pangsa pasarnya yang kecil, meskipun berkembang, selera pertumbuhan yang agresif, dan kualitas aset yang lemah, profitabilitas yang rendah, dan leverage di atas peer. Hal ini diimbangi dengan akses pendanaan yang diuntungkan dari dukungan orang tua.


Piutang meningkat sebesar 43% pada tahun 2022 (industri: 16%), sedangkan rasio utang/ekuitas sebesar 5,7x (2021: 4,5x) tetap di atas 2,1x industri. Laba sebelum pajak/aset rata-rata naik menjadi 3,1% (2021: 2,6%) di tengah biaya pinjaman yang lebih rendah, tetapi kami mengharapkan beberapa tekanan ke depan dari biaya provisi yang lebih tinggi, mengingat rasio pembiayaan bermasalah yang meningkat (2022: 2,7%; 2021: 2,1%) dan penyelesaian pinjaman bermasalah lainnya secara bertahap.