Kemudian, ada penghargaan kategori Top Leader on CSR Commitment 2024. “Ini adalah penghargaan yang diberikan kepada pimpinan perusahaan yang dinilai berkomitmen tinggi dalam mendukung kebijakan dan implementasi CSR di perusahaannya,” papar Daniri.

Daniri menyebut, ada beberapa temuan penting selama proses penjurian TOP CSR Awards 2024. Pertama, sudah semakin banyak Perusahaan peserta yang menyelaraskan inisiatif CSR-nya untuk mendukung strategi bisnis Perusahaan.

Kedua, makin banyak Perusahaan yang telah melakukan pengukuran keberhasilan kinerja CSR-nya, dan menilai dampak/manfaatnya untuk bisnis Perusahaan.

Dan Ketiga, sebagian Perusahaan sudah makin memahami, bahwa CSR sebagai tanggung jawab sosial suatu organisasi/perusahaan, bukan hanya menjadi tanggung jawab Unit/Divisi CSR/TJSL semata, tetapi juga melibatkan dan menjadi tanggung jawab bersama unit/divisi lainnya, untuk memenuhi ketentuan 7 core subject dalam ISO 26000 SR.

Akan tetapi, dijelaskan Daniri, melum banyak perusahaan yang memiliki kebijakan untuk mendukung dan berperan dalam aspek perubahan iklim dan transisi energi. “Kami mengharapkan agar setiap perusahaan, memiliki roadmap bisnis yang memperhatikan aspek perubahan iklim dan transisi energi. Sehingga ke depan, regulasi terkait aspek perubahan iklim dan transisi energi ini akan makin ketat untuk diterapkan, guna mendukung pembangunan yang berkelanjutan,” pungkas Daniri.