EmitenNews.com - Trans Power Marine Tbk (TPMA) berencana untuk melakukan penambahan modal dengan hak memesan efek terlebih dahulu (PMHMETD I) atau rights issue.

Dalam Prospektus ringkasnya dikutip Kamis (21/3) Manajemen TPMA berencana untuk melakukan rights issue sebanyak 1.130.000.000 saham baru atau sebanyak-banyaknya 30,03% dari modal ditempatkan dan disetor penuh dengan mengacu pada regulasi OJK dalam POJK 32/2015.

Saham-saham yang akan dikeluarkan oleh Perseroan tersebut adalah saham atas nama dengan nilai nominal Rp100 per saham dan saham baru yang ditawarkan dalam PHMETD I ini mempunyai hak yang sama dan sederajat dalam segala hal dengan seluruh saham lama Perseroan yang telah ditempatkan dan disetor penuh, termasuk hak atas dividen.

Lebih lanjut Manajemen TPMA memaparkan Pelaksanaan rights issue ini dapat memperkuat struktur permodalan Perseroan dengan adanya peningkatan ekuitas Perseroan. 

Di sisi lain, rencana penggunaan dana rights issue untuk pelaksanaan ekspansi usaha dan/atau tambahan modal kerja dapat meningkatkan aset yang dapat digunakan untuk kegiatan operasional Perseroan dan pemegang saham yang tidak melaksanakannya akan terkena dilusi sebesar 30,03%

"Dana hasil rights issue ini akan digunakan untuk ekspansi usaha Perseroan baik secara organik maupun non-organik dan/atau tambahan modal kerja," tuturnya.

Manajemen TPMA menambahkan untuk melancarkan aksi korporasi ini maka TPMA akan menggelar Rapat Umum Pemegang Saham luar biasa pada tanggal 26 April 2024.