EmitenNews.com - Emiten milik TP Rachmat PT Autopedia Sukses Lestari Tbk (ASLC) terus mempercepat ekspansi showroom Caroline.id hingga akhir tahun 2024 guna mengantisipasi peningkatan permintaan kendaraan bekas. 

Hingga Oktober 2024, Caroline.id telah membuka 3 showroom baru di Mampang (Jakarta Selatan), Poris Daan Mogot (Tangerang), dan Cibiru (Bandung), sehingga kini memiliki total 15 showroom.

"Perseroan menargetkan akhir 2024 Caroline.id akan memiliki 16 showroom beroperasi, serta 2 showroom dalam tahap konstruksi dan renovasi yang dijadwalkan buka pada 2025," ungkap Presiden Direktur ASLC, Jany Candra, dalam keterangan tertulis, Jumat (25/10).

Jany menyoroti pentingnya sikap antisipatif terhadap perkembangan bisnis yang dinamis. Penurunan suku bunga Bank Indonesia (BI) menjadi 6% dan optimisme masyarakat terkait pemerintahan baru menjadi faktor pendorong peningkatan aktivitas ekonomi, termasuk bisnis kendaraan bekas yang lebih terjangkau dan hemat biaya. 

"Permintaan mobil bekas masih positif, terutama didorong harga terjangkau dan kesadaran konsumen untuk memilih kendaraan hemat biaya," jelasnya.

Pada semester pertama 2024, Caroline.id menjual lebih dari 1.400 unit kendaraan, meningkat 9,3% year-on-year (yoy). Jany optimis Caroline.id dan JBA, marketplace kendaraan bekas terbesar di Indonesia, akan mencatatkan pertumbuhan penjualan dua digit hingga akhir 2024. 

Pada paruh pertama 2024, JBA mencatat volume penjualan naik lebih dari 40% yoy, dengan melelang lebih dari 58.000 unit kendaraan baik roda dua (2W) maupun roda empat (4W), sehingga menguasai 40% pangsa pasar.