EmitenNews.com—Fitch Rating Indonesia telah menurunkan Peringkat Nasional Jangka Panjang PT Angkasa Pura I (Persero) (AP I) menjadi 'AA-(idn)' dari ' AA(id)'. Outlooknya Stabil.

 

Peringkat Nasional 'AA-(idn)' menunjukkan ekspektasi tingkat risiko gagal bayar yang sangat rendah dibandingkan dengan emiten atau obligasi lain di negara atau serikat moneter yang sama. Risiko default yang melekat hanya sedikit berbeda dari emiten atau obligasi dengan peringkat tertinggi di negara tersebut.

 

Penurunan peringkat mencerminkan revisi turun dalam Profil Kredit Standalone (SCP) AP I menjadi 'a(idn)' dari 'a+(idn)' dan penilaian ulang selanjutnya berdasarkan Kriteria Peringkat Entitas Terkait Pemerintah kami.

 

Penilaian SCP mencerminkan penurunan profil keuangan AP I dengan estimasi leverage rata-rata tiga tahun (2023-2025) sebesar 13,0x berdasarkan kasus pemeringkatan Fitch. Profil keuangan yang lebih lemah disebabkan oleh pemulihan lalu lintas penumpang bandara yang lebih lambat dari ekspektasi kami, yang telah memberikan tekanan pada posisi likuiditas jangka pendek AP I.

 

Fitch menganggap status, kepemilikan, dan kontrol AP I oleh penguasa sebagai 'Kuat'. Negara sepenuhnya memiliki perusahaan dan mengangkat komisaris dan dewannya. Ini juga mengontrol rencana investasi dan keputusan belanja modal perusahaan. Kami juga menilai catatan dukungan negara sebagai 'Kuat', karena kami berharap perusahaan menerima dukungan pemerintah, jika diperlukan, karena perannya yang penting dalam pembangunan ekonomi negara. Pemerintah telah melonggarkan persyaratan distribusi dividen dan AP I dapat meningkatkan obligasi yang lebih besar untuk membiayai kembali obligasi yang jatuh tempo pada tahun 2021.

 

Insentif Negara untuk Mendukung: Fitch menilai implikasi sosial-politik dari wanprestasi oleh AP I sebagai 'Sedang'. Kegagalan akan merusak reputasi pemerintah, tetapi kami tidak percaya itu akan menyebabkan gangguan parah pada aktivitas lalu lintas udara Indonesia, karena infrastruktur bandara akan tetap utuh dan dioperasikan oleh entitas lain. Penilaian kami tentang implikasi keuangan dari default adalah 'Kuat', karena perusahaan dianggap sebagai salah satu entitas milik negara utama di Indonesia dan default akan menghambat kepercayaan investor terhadap kedaulatan dan entitas milik negara lainnya.

 

Fitch telah merevisi penilaian kami tentang risiko volume menjadi 'Tinggi Menengah' dari 'Menengah' setelah publikasi Kriteria Peringkat Infrastruktur Transportasi baru kami, yang menilai risiko volume pada skala lima poin. 15 bandara AP I melayani beragam wilayah di Indonesia tengah dan timur dengan lalu lintas utama dan tujuan, campuran lalu lintas bisnis dan liburan, dan persaingan terbatas. Pandemi Covid-19 telah menyebabkan dampak yang belum pernah terjadi sebelumnya pada lalu lintas penumpang. Portofolio API didorong oleh lalu lintas penumpang domestik, yang kami harapkan akan pulih lebih cepat daripada bandara yang digerakkan secara internasional.

 

Tarif layanan penerbangan diatur secara ketat oleh Kementerian Perhubungan. Rezim harga memungkinkan kenaikan tarif aero dengan batas setiap dua tahun tunduk pada persetujuan otoritas, yang menimbulkan ketidakpastian. Risiko tersebut sebagian dimitigasi dengan catatan AP I telah menaikkan tarif. Kerangka kerja tidak memungkinkan pemulihan biaya untuk mengimbangi hilangnya volume, yang dianggap sebagai kelemahan. AP I lebih leluasa dalam menetapkan tarif untuk layanan non-aero.

 

Rencana belanja modal AP I ke depan telah diturunkan menjadi Rp7,9 triliun, yang terutama untuk operasi dan pemeliharaan selama 2022-2025, dengan jumlah yang kecil untuk penyelesaian perluasan bandara Makassar. Kami percaya manajemen memiliki pengalaman yang luas dalam memelihara dan mewujudkan investasi bandaranya.