EmitenNews.com - Gelaran Formula E Jakarta, di Sirkuit Ancol, Sabtu (4/6/2022) dipastikan tanpa dukungan sponsor Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Tiga hari menjelang hari ‘H’, kerja sama sponsor dengan PT Kilang Pertamina International, anak perusahaan PT Pertamina (Persero) mendadak dibatalkan. Pembatalan dilakukan karena anak usaha Pertamina itu hanya memberikan potongan harga. Bukan jadi sponsor. Dengan demikian yang tersisa hanya 30 sponsor.


Dalam keterangannya Rabu (1/6/2022), VP Organizing Committee (OC) Formula E Iman Sjafei memastikan batalnya sponsor dari BUMN itu. Ia menyebutkan, dengan demikian, hanya ada 29 perusahaan swasta dan satu BUMD yang menjadi sponsor Formula E. Tiga hari jelang balapan, Ia juga memastikan tak akan ada lagi sponsor masuk untuk mendukung gelaran balap mobil listrik terbesar di dunia ini.


“Kayaknya sih enggak ada (sponsor masuk lagi). Sudah enggak ada lagi. Sudah selesai. Yes sponsornya 29 swasta dan 1 BUMD,” ujarnya.


Padahal, panitia sempat mengumumkan Pertamina Renewable Diesel (RD), produk dari PT Kilang Pertamina Internasional masuk daftar sponsor. Pembatalan dilakukan karena PT Kilang Pertamina hanya mau memberikan diskon untuk produk bahan bakarnya. Bentuknya bukan sponsorship. Tetapi, hanya diskon dari pembelian bahan bakar.


Menurut Imam Sjafei, bahan bakar Pertamina Renewable Diesel itu memang dibeli oleh panitia Formula E untuk menyalakan generator untuk pengisian ulang baterai mobil balap listrik. PT Kilang Pertamina International awalnya hendak memberikan diskon Rp1 miliar dari total pembelian bahan bakar yang mencapai Rp3 miliar.


Panitia Formula E akhirnya memutuskan tidak mengambil diskon tersebut demi prinsip Good Corporate Government (GCG). Pasalnya, diskon yang diberikan itu dikhawatirkan menjadi temuan oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). Meski begitu, pembelian bahan bakar itu tetap jadi, diskonnya yang tidak jadi. ***