EmitenNews.com - Merdeka Copper Gold (MDKA) memperkuat modal Pani Bersama Jaya (PBJ). Itu dengan menambah fasilitas PBJ senilai USD135 juta. Nah, dengan tambahan tersebut, total dana pembiayaan menjadi USD260 juta dari semula USD125 juta. 

Dana pinjaman tersebut akan digunakan oleh PBJ tidak terbatas hanya untuk keperluan korporasi umum tetapi termasuk juga untuk keperluan pengeluaran modal, operasional, dan modal kerja. Pinjaman itu, dikenai term Secured overnight financing rate (SOFR) 3 bulan ditambah Martin 5,76 persen.

Waktu jatuh tempo pinjaman pada tahun ke-5 setelah tanggal perjanjian awal. Tanggal jatuh tempo pada hari kerja ke-5 setelah seluruh jumlah terutang berdasar perjanjian fasilitas senior telah dibayar atau dilunasi secara penuh. 

Menyusul transaksi itu, perseroan dapat memberi dukungan pendanaan PBJ. Selanjutnya, dana itu oleh PBJ digunakan tidak terbatas pada keperluan korporasi umum termasuk untuk keperluan pengeluaran modal, operasional, dan modal kerja PBJ. 

Transaksi itu dilakukan dengan afiliasi karena lebih efisien. Pasalnya, Merdeka Gold sebagai induk PBJ. Selanjutnya, pinjaman tersebut diharap berdampak positif terhadap perseroan. Pada ujungnya, akan memberi nilai tambah kepada para pemegang saham. (*)