EmitenNews.com -  PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) melaporkan hasil kinerja kuartal kedua tahun 2024. GoTo mencatat pertumbuhan signifikan pada beberapa metrik utama yang menunjukkan keberhasilan strategi fokus pada pasar massal.

Grup GoTo melaporkan pertumbuhan Gross Transaction Value (GTV) inti sebesar 54% dibandingkan periode yang sama tahun lalu, mencapai Rp63,2 triliun. Total GTV Grup juga meningkat 26% menjadi Rp121,5 triliun. Pendapatan bruto naik 39% YoY menjadi Rp4,3 triliun.

Rugi EBITDA yang disesuaikan turun sebesar 95% YoY dan 53% dibandingkan kuartal sebelumnya, menjadi Rp48 miliar. Penurunan ini menunjukkan efisiensi operasional yang terus dilakukan perusahaan. Beban kas rutin berkurang 5% YoY menjadi Rp1,3 triliun.

Pada segmen On-Demand Services, GTV meningkat 14% YoY menjadi Rp15,5 triliun. Pendapatan bruto naik 17% YoY menjadi Rp3,4 triliun. Pesanan yang diselesaikan meningkat 20% YoY. EBITDA yang disesuaikan positif selama tiga kuartal berturut-turut, mencapai Rp90 miliar pada kuartal ini.

Pada segmen Financial Technology, GTV inti tumbuh 65% YoY menjadi Rp56,2 triliun. Pemberian pinjaman meningkat sekitar 3,5 kali YoY menjadi Rp3,5 triliun. Pendapatan bruto naik 97% YoY menjadi Rp788 miliar. Rugi EBITDA yang disesuaikan berkurang 67% YoY menjadi Rp168 miliar.

Patrick Walujo, Direktur Utama Grup GoTo, menekankan bahwa percepatan pertumbuhan ini menggarisbawahi keberhasilan strategi fokus pada pasar massal. 

“Kami akan terus memberikan solusi bagi seluruh konsumen kami, baik yang membutuhkan kenyamanan maupun mementingkan harga. Langkah ini akan terus menjadi landasan pertumbuhan Perseroan,” ujar Walujo. 

Jacky Lo, Direktur Keuangan Grup GoTo, menambahkan bahwa pertumbuhan yang dicapai menunjukkan bahwa GOTO berada pada jalur yang tepat untuk terus tumbuh sekaligus mencapai target profitabilitas.

Ia mengatakan bahwa Grup GoTo juga berkomitmen untuk melanjutkan inisiatif ESG (Environment, Social, Governance), dengan berbagai langkah yang diambil untuk meningkatkan dampak positif perusahaan pada masyarakat dan lingkungan.

Grup GoTo adalah ekosistem digital terbesar di Indonesia yang mencakup layanan transportasi, pengiriman, keuangan, dan e-commerce. Dengan berbagai layanan yang disediakan, GoTo terus berinovasi untuk memberikan pengalaman terbaik bagi para penggunanya.