EmitenNews.com - PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. (BBRI) memperingati Hari Raya Waisak 2024, Kamis (23/5/2024), dengan menyalurkan bantuan kepada yang membutuhkan. Hari Raya Waisak, salah satu perayaan penting dalam agama Buddha. Refleksi welas asih, keharmonisan, perdamaian, dan perenungan untuk hidup bijak, sangat erat dalam makna perayaan Waisak. 

Buddha, sebagai sosok yang dihormati dan dianggap sebagai pencerah, telah membimbing umatnya dalam menjalani kehidupan, mencari cinta, menemukan kebahagiaan, dan mencapai kedamaian.

Pada Hari Raya Waisak, Kamis, 23 Mei 2024, BRI melalui aktivitas Corporate Social Responsibility (CSR) BRI Peduli menyalurkan bantuan sarana prasarana peribadatan di Vihara Dhamma Gayasih, di Dusun Ngalarangan, Desa Getas, Kecamatan Kaloran, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah.

Selain bantuan sarana prasarana Vihara, BRI Peduli juga menyalurkan 1.000 (seribu) paket sembako bagi warga yang berada di wilayah Vihara Dhamma Gayasih. Mereka tersebar di 3 Desa –Getas, Tleter, dan Desa Tlogowungu– Kecamatan Kaloran, Kabupaten Temanggung.

Wakil Direktur Utama BRI Catur Budi Harto mengungkapkan bahwa penyaluran bantuan ini merupakan bentuk tanggung jawab sosial perusahaan dan kepedulian terhadap sesama. Bantuan sarana prasarana di Vihara Dhamma Gayasih diharapkan dapat mendukung kegiatan peribadatan Umat Buddha yang menjalankan ibadat di Vihara tersebut. 

Sementara itu, penyaluran bantuan sembako bagi warga merupakan bentuk kepedulian BRI dalam membantu pemenuhan kebutuhan pokok masyarakat serta menciptakan rasa kebersamaan dan kepedulian sosial di antara masyarakat.

“Secara khusus dalam memperingati Hari Raya Waisak ini, kami ingin mewujudkan kepedulian bagi masyarakat yang menjalankan Hari Raya Waisak khususnya bagi masyarakat di sekitar Vihara Dhamma Gayasih, Temanggung. Ini adalah bukti nyata keberadaan BRI tidak hanya berdampak ekonomi semata namun juga memiliki dampak sosial di tengah masyarakat,” ungkapnya.

Di lain pihak, Bante Subhacaro, Pembina Wisma Bhikkhu Jayawijaya mengungkapkan apresiasi terhadap BRI yang telah memberikan bantuan sarana prasarana di Vihara Dhamma Gayasih serta bantuan sembako bagi warga sekitar. Vihara Dhamma Gayasih berdiri pada 1968 dan saat ini mampu menampung 120 umat untuk beribadat di Vihara tersebut. 

“Kami berterima kasih kepada BRI atas kepeduliannya kepada umat Buddha. Dengan kepedulian seperti ini akan menjadi embun atau air penyejuk hati juga menjadi tetes tetes air harapan untuk kemajuan masyarakat juga kemajuan bangsa dan negara,” ungkapnya. ***