EmitenNews.com - Sekolah Santa Ursula Jakarta menggelar Homecoming atau reuni keluarga besar sekolah Santa Ursula Jakarta, Sabtu (9/12/2023). Homecoming yang merupakan rangkaian peringatan 165 tahun usia sekolah tersebut, mempertemukan sekitar 2.500 alumninya.

 

Inge Setiawati, Ketua Panitia Homecoming sekaligus Ketua INISANURPOSTA (Ikatan Alumni Santa Ursula Jalan Pos Jakarta) menjelaskan, tema Homecoming yang dipilih adalah ‘Reconnect, Rejoice, Revive’. ‘Reconnect’ berarti menyambung kembali tali silaturahim alumni yang sudah tersebar di berbagai tempat dan bidang sekian waktu sehingga bisa terbangun kekompakan antaralumni. 

 

Sedangkan ‘Rejoice’ berarti berkumpul bersama di acara Homecoming, bersuka cita merayakan dengan berbagai aktivitas yang positif serta tidak lupa berbagi kepada para purnabakti guru dan karyawan. 

 

Lalu, ‘Revive’ mengandung arti menghidupkan kembali semangat hidup ‘Serviam’ (saya mengabdi) seperti selalu diajarkan di sekolah Santa Ursula dan mengaplikasikannya secara luas dalam keseharian hidup alumni.

 

Acara Homecoming ini mempertemukan berbagai alumni Santa Ursula yang sudah tersebar kemana-mana dan berkarier di berbagai bidang untuk berkolaborasi dengan suka cita menciptakan manfaat bagi diri dan lingkungannya.

 

Homecoming ini menampilkan berbagai kegiatan menarik, inspiratif dan bermanfaat yang para pengisi acaranya adalah alumni sekolah Santa Ursula yang ahli di bidangnya masing-masing, yaitu:

- Penampilan alumni seperti pemain harpa, sekaligus penyanyi sopran profesional Regina Handoko. Juga ada bincang-bincang Pemimpin Redaksi Kompas TV   Rosianna Silalahi dengan Sr. Francesco Marianti, OSU pendidik legendaris Santa Ursula. 

- Berbagai kegiatan yang diadakan oleh komunitas alumni antara lain workshop cara membuat tempe, ecoprint, berwastra (memakai kain), talkshow pentingnya budaya literasi; menghindarkan diri dari cyber crime.

- Berbagai talkshow kesehatan oleh para dokter ahli dr. Caroline Tirtajasa Sp.OG (K), dr. Beatrice, dan dr. Stefani Anita, Sp.OT tentang tulang, terapi hormon, vaksinasi demam berdarah; talkshow bisnis tentang kesuksesan start up, pemberdayaan disabilitas.

- Demo masak oleh Chef Degan (juri Master Chef Indonesia), bazaar produk UMKM, pop up market alumni, The Project Band dan DJ Diskopantera. Kegiatan antaralumni dan antarangkatan seperti lomba tari line dance, yel-yel, games, tebak lagu “Berpacu dalam Melodi”, “Sanur Got Talent”.

- Selain itu, juga dilakukan aksi sosial dalam bentuk penyerahan tali kasih kepada para purnabakti guru dan karyawan sekolah dan penggalangan donasi untuk acara bakti sosial 100 operasi katarak bagi masyarakat guru dan masyarakat sekitar – yang akan diadakan pada Januari 2024.