EmitenNews.com -IHSG berpeluang melanjutkan rebound ke kisaran 6950, selama bertahan di atas critical level 6900 di Selasa (10/10). Stochastic RSI dan MACD berpotensi membentuk golden cross memperkuat potensi rebound lanjutan tersebut.

 

Head Of Research Phintraco Sekuritas Valdy Kurniawan mengatakan, IHSG ditopang oleh realisasi data Indeks Keyakinan Konsumen Indonesia di 121.7 di September 2023. Meski turun dari 125.2 di Agustus 2023, tapi rata-rata IKK masih berada di 124.5 sepanjang Januari-September 2023. Kondisi ini menunjukan bahwa konsumsi domestik masih relatif kuat dan berpotensi menopang laju pertumbuhan ekonomi hingga akhir tahun ini.

 

Dari eksternal, peningkatan tensi geopolitik di Timur Tengah nampaknya memperkuat kecenderungan wait and see dari mayoritas pelaku pasar global. Kondisi ini turut berdampak pada pelemahan signifikan nilai tukar Rupiah ke Rp15,685/USD (+0.51%) per Senin (9/10) sore.

 

Dengan demikian, sebaiknya waspadai saham-saham yang sensitif terhadap pelemahan nilai tukar, seperti perbankan dan kesehatan. Di sisi lain, konflik tersebut berpotensi mendorong kenaikan harga komoditas dalam jangka pendek. 

 

Pasar dapat mencermati peluang rebound lanjutan pada MEDC, UNTR, ADRO, MDKA, ANTM, AKRA, PGAS, ESSA dan BIPI. Akan tetapi, rebound Senin (9/10) pada saham-saham tersebut belum didukung ekspansi volume. Oleh sebab itu, tetap waspadai potensi false signal (jangan terlalu agresif).