EmitenNews.com - Indeks harga saham gabungan atau IHSG pada perdagangan Senin 14 Maret 2022 ditutup menguat 0,43% ke level 6952.


Penguatan IHSH di antaranya dodorong saham sektor teknologi yang membukukan kenaikan terbesar. Sedangkan saham sektor energi mencatatkan koreksi terbesar. Investor asing net buy Rp1,098 triliun.


Pada perdagangan hari ini Waterfront Sekuritas memperkirakan IHSG bergerak di kisaran support 6920/6860 dan resistance 6980/7050. Saham pilihan sekuritas ini adalah BBRI, BBCA, BBNI, ASII, EMTK, dan CPIN.


Indeks di bursa Wall Street semalam ditutup variatif. Indeks Dow Jones ditutup di teritori positif, sedangkan indeks S&P500 dan Nasdaq Composite ditutup melemah.


"Pasar mencermati perkembangan konflik Rusia-Ukraina dan mengantisipasi kenaikan suku bunga The Fed untuk pertama kalinya pada pertemuan Selasa-Rabu waktu AS pekan ini," ulas Waterfront Sekuritas melalui analisnya, Ratna Lim.


Harga minyak mentah mengalami koreksi akibat adanya negosiasi antara Rusia dan Ukraina untuk melakukan gencatan senjata serta sentimen negatif dari lonjakan kasus Covid-19 di China. Sehingga saham sektor energi mengalami koreksi.


Saham sektor teknologi juga mengalami koreksi akibat kekhawatiran adanya pembatasan aktivitas ekonomi di China karena pandemi, akan menganggu jaringan pasokan.(fj)