EmitenNews.com - Indonesia meraih peringkat pertama Islamic Finance Country Index (IFCI) pada Global Islamic Finance Report 2021. Hal ini terutama karena Indonesia memiliki sektor keuangan sosial Islam yang paling dinamis di antara seluruh negara di dunia.


"Pencapaian IFCI yang membanggakan tahun ini diharapkan dapat mendukung perkembangan industri keuangan syariah Indonesia untuk terus tumbuh, sebagai bagian dari rencana ekonomi global untuk mendukung pemulihan ekonomi pascapandemi," kata Deputi Gubernur BI, Dody Budi Waluyo.


Dody mengungkapkan itu dalam seminar internasional Keuangan Islam Cambridge IFA yang mengangkat tema “Peran Keuangan Islam di Dunia Pasca-Covid" secara virtual, Jumat (29/10). Acara ini merupakan rangkaian kegiatan Puncak Acara Indonesia Sharia Economic Festival (ISEF) ke-8 tahun 2021, hari kelima.


IFCI merupakan pemeringkatan kondisi perbankan dan keuangan syariah berbagai negara dan relatif penting dalam konteks nasional dan internasional.


Dody mengatakan BI berupaya senantiasa mendorong pengembangan industri keuangan sosial syariah, mendukung kemajuan FinTech, serta pembiayaan hijau yang diharapkan dapat mendorong pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan (Sustainable Development Goals).(fj)