EmitenNews.com -Peringatan Hari Thalassemia sedunia 8 Mei 2023 diperingati oleh beberapa pelari baik dan Thalassemia Movement dengan berjalan kaki bersama di Car Free Day Minggu 14 Mei 2023 lalu. Mereka menggunakan kaos bertuliskan #stopthalassemia dan Real Vampire Life menyebarkan awareness dan menyuarakan kampanye #zerothalassemia.


Mengambil start di GBK, menuju Semanggi kemudian finish di Gudda Coffee, terlihat beberapa penggiat olahraga sangat antusias dengan kegiatan ini. Ditambah kegiatan donor darah dan mini MCU serta EKG gratis yang didukung PMI Jakarta dan RS Siloam TB Simatupang. Antrian panjang, screening test para pendonor menghasilkan 49 kantong darah yang siap disetorkan kepada PMI.


Selain itu, peserta yang hadir juga terlihat akrab mengobrol dengan teman-teman Thalassemia Movement mengenai thalassemia, kelainan darah yang diturunkan oleh orang tua, yang mengharuskan penyintasnya rutin melakukan transfusi darah seumur hidup, namun perawatan para penyintas lebih dari sekedar transfusi darah. Oleh karena itulah, edukasi terkait thalassemia terus dilakukan agar lebih banyak orang lebih memahami thalassemia dan pencegahannya yaitu dengan melakukan screening untuk menurunkan jumlah penyintas menuju zero born thalassemia.


Annisa Octiandari Pertiwi, wakil ketua Thalassemia Movement sangat terkesan dengan kegiatan yang merupakan lanjutan dari Run for Zero Thalassemia di Sabang pada januari lalu “Acaranya seru banget, sangat positif. Kami bersyukur sekali diberi kesempatan untuk membuat acara jalan bersama dan donor darah kemarin. Harapannya, semoga ada kolaborasi lainnya untuk acara semacam ini” kata Annisa menutup obrolan.


Harapannya semoga masyarakat semakin aware dengan thallasemia dan ada kolaborasi lain untuk acara semacam ini. (Irene Febrina & Carla Felany)