EmitenNews.com -IHSG membentuk spinning bottom tepat di atas MA20 bersamaan dengan rebound Senin (11/9). Pergerakan tersebut terjadi pada oversold area di Stochastic RSI. Dengan demikian, IHSG menjaga peluang rebound lanjutan ke kisaran 6980 di Selasa (12/9).

 

Indikasi pemulihan konsumsi domestik di Tiongkok menjadi salah satu katalis positif eksternal. Indikasi terbaru berasal dari kenaikan New Yuan Loans ke CNY1.36 triliun di Agustus 2023 dari CNY345.9 miliar di Juli 2023. 

 

Pelonggaran kebijakan moneter dan fiskal mulai berdampak pada peningkatan jumlah uang beredar yang diharapkan diikuti dengan kenaikan konsumsi domestik. Data lain adalah pertumbuhan penjualan kendaraan di Tiongkok sebesar 8.4% yoy di Agustus 2023.

 

Dari dalam negeri, pelaku pasar mengantisipasi data neraca perdagangan Agustus 2023. Penurunan nilai ekspor dan impor diperkirakan meningkat dibanding Juli 2023, meski ada indikasi pemulihan aktivitas ekonomi di Tiongkok.

 

Melihat berbagai sentimen yang terjadi, Head Of Research Phintraco Sekuritas Valdy Kurniawan menyebut Top picks di Selasa (12/9) meliputi BBRI, KLBF, MIKA, EXCL, ACES, ANTM dan MNCN.