EmitenNews.com - Pusat Pelatihan Pertanian Swadaya Perdesaan (P4S) adalah kelembagaan pelatihan dengan metode permagangan pertanian dan perdesaaan. Lembaga ini didirikan, dimiliki dan dikelola oleh pelaku utama dan pelaku usaha secara swadaya baik perorangan maupun kelompok. P4S diharapkan dapat secara langsung berperan aktif dalam pengembangan SDM pertanian dalam bentuk pelatihan/permagangan bagi petani dan masyarakat di wilayahnya.


Dalam keterangannya yang dikutip Kamis (21/4/2022), Menteri Pertanian RI Syahrul Yasin Limpo berulangkali menegaskan upaya pengembangan pertanian maju, mandiri dalam Modern dalam hal berusaha tani. Ia menyebutkan, petani tidak bisa berkembang apabila berjalan sendiri-sendiri. Petani harus berkelompok atau tim agar lebih kuat sebagai ujung tombak pembangunan pertanian, dengan mengembangkan pertanian dari hulu ke hilir.


Kementerian Pertanian khususnya Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) selaku pembina utama kelembagaan P4S, terus melakukan pembinaan terhadap keberlanjutan P4S di seluruh Indonesia. Kepala BPPSDMP Kementan Dedi Nursyamsi menegaskan bahwa pembinaan P4S sebagai wujud peningkatan kapasitas P4S dalam menyelenggarakan pelatihan dan permagangan petani dan masyarakat pedesaan.


"Pembinaan dapat dilakukan melalui bimbingan pelatihan dari aspek kelembagaan, sarana prasarana, ketenagaan, penyelenggaraan pelatihan/permagangan, usaha dan jejaring kerja," kata Dedi.


Upaya pembinaan tersebut dihadiri Ketua BBPP Binuang, Yulia Asni Kurniawati didampingi sejumlah pejabat BBPP Binuang. Di antaranya Kepala Bagian Umum BBPP Binuang, Arpan Suleman Korompot; Koordinator Program dan Evaluasi, Joko Tri Harjanto dan Sub Koordinator Program dan Kerjasama, Agus Sumantri; serta Perwakilan Dinas Pertanian Kota Balikpapan, Kasan Ahmad Ripul dan Ketua Forum Komunikasi Kalimantan Timur, Andi Burhan Badurahman.


Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Binuang selaku UPT BPPSDMP diberikan kesempatan untuk menyerahkan bantuan sarana prasarana pembelajaran kepada P4S Lamaru Sejahtera di Kota Balikpapan, Kalimantan Timur.Kepala BBPP Binuang Yulia Asni Kurniawati saat penyerahan mengatakan bahwa penyerahan bantuan tersebut merupakan pembinaan yang berkelanjutan kepada P4S Lamaru Sejahtera. Ia meminta agar menjadikan P4S sebagai wadah penumbuhan regenerasi petani milenial di Kalimantan Timur, khususnya Kota Balikpapan.


Sarana prasarana yang diserahkan berupa speaker aktif satu unit, proyektor satu unit, tripod layar satu unit, laptop satu unit, kursi belajar 18 unit senilai total Rp30,6 juta. Yulia meminta agar bantuan dimanfaatkan sebaik-baiknya, sehingga dapat meningkatkan proses pembelajaran di P4S Lamaru Sejahtera.


Ketua P4S Lamaru Sejahtera, Edi Purwanto menyampaikan terima kasih atas perhatian dan dukungan BBPP Binuang terhadap P4S Lamaru Sejahtera. Dengan bantuan ini, kata dia, menjadikan P4S-nya menjadi wadah pembelajaran bagi petani milenial di Kalimantan Timur, serta mendorong meningkatkan pembinaan pada petani dan pemuda desa di sekitar P4S sebagai sentra pertanian modern. ***